Catat! 5 Kebiasaan Ini Bisa Mempercepat Anda Terihat Lebih Tua

Ekonomi | wartaekonomi | Published at Kamis, 11 November 2021 - 15:30
Catat! 5 Kebiasaan Ini Bisa Mempercepat Anda Terihat Lebih Tua

Bisa terlihat awet muda merupakan dambaan banyak orang. Namun, tanpa disadari, sebagian orang justru memiliki kebiasaan-kebiasaan yang membuat mereka bisa menua lebih cepat.

Setidaknya ada lima kebiasaan umum yang tanpa disadari dapat mempercepat proses penuaan. Berikut ini adalah kelima kebiasaan tersebut, seperti dilansir EatThis , belum lama ini.

Kurang Tidur

Meski hanya sehari, kurang tidur dapat membuat sel-sel yang lebih tua semakin menua dengan cepat. Mendapatkan tidur yang cukup memainkan peran penting dalam menunjang sistem-sistem vital tubuh, termasuk untuk memperbaiki diri. Kualitas tidur yang buruk kerap berkaitan dengan peningkatan risiko penuaan kulit, obesitas, penyakit jantung, diabetes, kanker, dan demensia.

Tak Berolahraga

Orang-orang yang tak berolahraga secara rutin cenderung memiliki risiko obesitas dan penyakit kronis terkait yang lebih tinggi. Sebaliknya, rutin melakukan aktivitas fisik dapat membuat tubuh menjadi lebih muda, bahkan beberapa puluh tahun lebih muda.

Sebuah studi pada 2018 menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan berusia tua yang terbiasa berolahraga di masa muda memiliki otot yang mirip dengan orang-orang berusia 20 tahunan. Mereka juga memiliki kapasitas aerobik yang lebih baik dan membuat usia biologis mereka hampir 30 tahun lebih muda dibandingkan usia mereka.

Konsumsi Banyak Gula

Asupan gula dan karbohidrat sederhana yang tinggi tak hanya mempengaruhi berat badan, tetapi juga tampilan kulit. Kelebihan asupan gula bisa memunculkan kerutan di kulit karena hal tersebut merusak kolagen dan elastin yang merupakan protein untuk membuat kulit tampak muda. Beberapa studi juga menemukan bahwa kebiasaan mengonsumsi gula dan karbohidrat sederhana dapat mempercepat penuaan.

Mengabaikan Tabir Surya

Sinar UV dari matahari bisa merusak kolagen dan elastin pada kulit. Hal ini membuat kulit menjadi tampak kendur dan berkeriput. Tabir surya dengan SPF minimal 30 sebaiknya diaplikasikan setiap hari, termasuk di wajah, meski cuaca di luar tidak terik.

Stres

Masalah stres yang terjadi secara kronis bisa membuat proses penuaan menjadi lebih cepat. Hal ini disampaikan melalui sebuah studi yang dimuat di jurnal Biomedicine. Dalam studi tersebut dijelaskan bahwa individu dengan stres kronis menua dengan cepat.

Hal ini turut dipengaruhi oleh inflamasi yang biasanya mengiringi stres. Penuaan yang dipicu inflamasi dikenal dengan sebutan inflammaging. Kondisi ini turut mendorong peningkatan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan aterosklerosis.

Artikel Asli