Pemkab Blitar dan BPJAMSOSTEK Blitar Sosialisasikan Perbup No 25 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Ekonomi | jatimtimes.com | Published at Kamis, 11 November 2021 - 14:59
Pemkab Blitar dan BPJAMSOSTEK Blitar Sosialisasikan Perbup No 25 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan


JATIMTIMES - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Blitar kian gencar melaksanakan sosialisasi perlindungan ketenagakerjaan. Kali ini bersinergi dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar, BPJAMSOSTEK menggelar sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 25 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Blitar, Rabu (10/11/2021) di Kantor BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Blitar.

Peserta dari sosialisasi ini adalah seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar. Agenda sosialisasi dibuka secara langsung oleh Kepala Disnaker Kabupaten Blitar Mujianto didampingi Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Blitar Agus Dwi Fitriyanto.

Tujuan dari kegiatan ini adalah kita memberikan informasi bahwa Ibu Bupati Blitar telah menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 25 pada tanggal 23 Juni 2021. Kami memandang perlu bahwa peraturan bupati ini wajib diinformasikan kepada seluruh organisasi perangkat daerah agar implementasi nya dapat terlaksana secara maksimal, kata Mujianto.

Mujianto menambahkan, Bupati Blitar Rini Syarifah dan Wabup Rahmat Santoso memiliki komitmen tinggi dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat pekerja di Kabupaten Blitar. Pihaknya mendorong agar Perbup Nomor 25 ini dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh OPD di lingkungan Pemkab Blitar

Ibu Bupati memiliki komitmen yang sangat tinggi dalam hal memberikan perlindungan kepada masyarakat pekerja di Kabupaten Blitar. Namun pelaksanaannya perlu didorong sehingga terbitlah Perbup Nomor 25 ini untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh OPD Kabupaten Blitar, tukasnya.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Blitar Agus Dwi Fitriyanto menyampaikan pihaknya mendukung penuh dilaksanakanya kegiatan sosialisasi kali ini. Diharapkan dengan sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 25 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, seluruh pekerja di Kabupaten Blitar akan tercover program jaminan sosial dari BPJAMSOSTEK.

Terima kasih kami ucapkan untuk Ibu Bupati Blitar. Semoga dengan terbitnya Peraturan Bupati Nomor 25 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, seluruh pekerja di Kabupaten Blitar akan tercover program jaminan sosial ketenagakerjaan. Kami dari BPJAMSOSTEK berkomitmen untuk melindungi seluruh pekerja di Kabupaten Blitar, ungkap Agus.

Sekedar diketahui, hampir 40% Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blitar berasal dari pemerintah daerah. Di antaranya adalah non-ASN di masing-masing OPD dan perangkat desa. Ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Blitar sudah aware dengan perlindungan jaminan sosial.

Tetapi, masih banyak pekerja yang belum mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Misalnya GTT PTT, guru non-ASN, ketua RT/RW, petani, nelayan, pekerja migran Indonesia, peserta magang, siswa praktek, dan juru parkir.

Sinergi dengan Pemkab Blitar ini kami harapkan para pekerja yang belum tercover program jaminan sosial ketenagakerjaan dapat segera tercover. Karena manfaat dari program ini banyak sekali, pungkas Agus.

Artikel Asli