Ngeri! Elon Musk Jual Saham Tesla Lagi, Kali Ini Lebih Besar, Totalnya Rp71 Triliun!

Ekonomi | wartaekonomi | Published at Kamis, 11 November 2021 - 15:10
Ngeri! Elon Musk Jual Saham Tesla Lagi, Kali Ini Lebih Besar, Totalnya Rp71 Triliun!

CEO Tesla Elon Musk menjual hampir USD5 miliar (Rp71,3 triliun) saham Tesla, menurut pengajuan keuangan pada Rabu malam. Menurut laporan, Musk masih memegang lebih dari 166 juta saham.

Musk menjual lebih dari 3,5 juta saham senilai lebih dari USD3,88 miliar dalam serangkaian perdagangan yang dilakukan Selasa dan Rabu. Transaksi tersebut tidak ditandai sebagai 10b5, artinya bukan penjualan terjadwal.

Sebelumnya pada Rabu malam, melansir CNBC International di Jakarta, Kamis (11/11/21), pengajuan menunjukkan Musk menjual blok terpisah saham Tesla melalui rencana yang dia mulai pada 14 September tahun ini. Penjualan tersebut berjumlah lebih dari 930.000 saham senilai lebih dari USD1,1 miliar.

Musk menjual saham ini sebagian untuk memenuhi kewajiban pajak terkait dengan pelaksanaan opsi saham.

Sebelum rencana penjualan itu diumumkan, Musk meminta 62,5 juta pengikut Twitter-nya untuk memilih dalam jajak pendapat informal, Musk memberi tahu mereka bahwa suara mereka akan menentukan masa depan kepemilikannya di Tesla.

Setelah jajak pendapat Twitter, saham Tesla merosot lebih dari 15% selama Senin dan Selasa, sebelum rebound lebih dari 4% pada hari Rabu. Saham mulai naik lebih tinggi dalam perdagangan setelah jam kerja pada hari Kamis.

CEO Citadel Ken Griffin, berbicara di DealBook Online Summit pada hari Rabu, mengatakan dia secara pribadi tidak ingin melihat Musk menjual.

Individu seperti Elon Musk, seperti Jeff Bezos telah mengubah hidup, dan kami ingin mereka tetap mengendalikan perusahaan mereka, selama mereka memiliki energi dan ambisi untuk terus memajukan bisnis.

Sebelumnya, Musk mengisyaratkan bahwa ia kemungkinan akan menjual "blok besar" dari opsinya pada kuartal keempat. Pada penampilan di Code Conference pada bulan September, Musk mengatakan ketika opsi sahamnya berakhir di Tesla, tarif pajak marjinalnya akan lebih dari 50%.

Anggota dewan saat ini dan mantan termasuk ketua Robyn Denholm, saudara laki-laki Elon Musk Kimbal Musk, Ira Ehrenpreis dan Antonio Gracias telah melepas ratusan juta dolar saham Tesla sejak 28 Oktober setelah kapitalisasi pasar Tesla melampaui USD1 triliun.

Di antara penjualan orang dalam itu, Kimbal Musk adalah satu-satunya transaksi yang tidak terdaftar sebagai 10b5, atau penjualan yang direncanakan. Kimbal Musk menjual sekitar USD109 juta (Rp1,5 triliun) sahamnya sehari sebelum jajak pendapat Twitter saudaranya.

Artikel Asli