Mulai Bisnis di Usia 50 Tahun, Wanita Ini Jadi Miliarder Baru di India, Hartanya...

Ekonomi | wartaekonomi | Published at Kamis, 11 November 2021 - 14:40
Mulai Bisnis di Usia 50 Tahun, Wanita Ini Jadi Miliarder Baru di India, Hartanya...

Pendiri Nykaa, Falguni Nayar, terjun ke dunia wirausaha pada tahun 2012 saat ia berusia lima puluh tahun. Ia tidak memiliki pengalaman bisnis, ia memulai bisnisnya dengan pengalaman sekitar dua puluh tahun sebagai bankir investasi. Hampir satu dekade kemudian, dia mendaftarkan startupnya pada penilaian yang lebih tinggi daripada beberapa bisnis warisan terbesar di India.

Kini, ia telah menjadi wanita mandiri terkaya di India dengan kekayaan hampir USD7 miliar atau setara dengan Rp99,4 triliun

Nykaa, pada tahun-tahun awalnya, didanai sepenuhnya oleh Falguni Nayar dan suaminya Sanjay Nayar, ketua perusahaan ekuitas swasta KKR & Co. di India. Fokusnya adalah membangun bisnis yang dipimpin oleh inventaris, seperti yang dia katakan dalam wawancara tahun 2017 dengan The Economic Times .

Wanita lulusan Institut Manajemen India ini menghabiskan sebagian besar karirnya di Kotak Mahindra Capital Co. Ketika dia keluar pada 2012, dia adalah direktur pelaksana dan kepala bisnis ekuitas institusionalnya.

Lahir dan dibesarkan dalam keluarga Gujarati, ayahnya menjalankan sebuah perusahaan bantalan kecil, dibantu oleh ibunya. Obrolan rumah tangga berkisar pada investasi, pasar saham, dan perdagangan. Kewirausahaan, tampaknya, ada dalam darahnya.

Untuk bisnis apa pun, tahun pertama adalah periode bulan madu, mudah karena Anda baru mendesain. Tahun depan, ketika bisnis mulai meningkat, sangat penting, kata Nayar dalam wawancara tahun 2017.

Saat ini, Nykaa adalah salah satu dari sedikit pengecer yang menguntungkan di India. Ini melaporkan laba bersih Rs 61,96 crore pada fiskal yang berakhir 31 Maret, dibandingkan dengan kerugian bersih Rs 16,34 crore pada periode tahun lalu. Pendapatan tumbuh 38% tahun-ke-tahun menjadi Rs 2.453 crore di FY21.

Pada fiskal yang berakhir 31 Maret, nilai barang dagangan kotor (GMV) Nykaa melonjak lebih dari 50% menjadi hampir Rs 4.046 crore.

Pada hari Rabu, Nykaa mencatatkan premi hampir 80% dan mengakhiri hari 96,15% lebih tinggi dari harga penerbitannya di Rs 2.206,70, yang berarti kapitalisasi pasar Rs 1,04.360,85 crore pada hari pertama. Kekayaan bersih keluarga Nayar lebih dari setengahnya.

Saya memulai Nykaa pada usia 50 tahun tanpa pengalaman. Saya berharap perjalanan Nykaa dapat menginspirasi Anda masing-masing untuk menjadi Nykaa (pahlawan wanita) dalam hidup Anda, kata Nayar.

Artikel Asli