Buka GIIAS 2021, Gaikindo: Industri Otomotif Serap Lebih dari 1,5 Juta Pekerja

Ekonomi | sindonews | Published at Kamis, 11 November 2021 - 11:30
Buka GIIAS 2021, Gaikindo: Industri Otomotif Serap Lebih dari 1,5 Juta Pekerja

BANTEN - Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan kebijakan insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) oleh pemerintah mendukung penjualan sektor otomotif. Banyak masyarakat yang memanfaatkan kebijakan itu untuk membeli mobil baru.

"Melalui kebijakan pemerintah, yaitu PPnBM, cukup mendorong penjualan kendaraan di Indonesia," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dalam sambutan pembukaan GIIAS 2021 di kawasan ICE BSD, Banten, Kamis (11/11/2021).

Menurut Yohannes, kebijakan pajak itu berdampak signifikan terhadap penjualan kendaraan yang mendapatkan diskon PPnBM, yaitu mobil yang diproduksi di Indonesia dengan kandungan lokal lebih dari 60%.

"Pada periode Januari hingga Oktober 2021 penjualan domestik naik 68%, dibandingkan periode yang sama tahun 2020," paparnya.

Angka penjualan diperkirakan akan terus naik hingga akhir tahun ini, sebab masih terjadi antrean pemesanan. Pihak industri terus berusaha memenuhi seluruh permintaan itu.

Ditambahkan Yohannes, industri otomotif merupakan sektor yang banyak menyerap tenaga kerja. Ditambah lagi dengan sektor-sektor pendukungnya, seperti industri komponen, jasa keuangan, asuransi, dealer bengkel.

"Industri kendaraan bermotor menyerap tenaga kerja mencapai lebih dari 1,5 juta orang, diikuti dengan kegiatan usaha industri industri pendukung," katanya.

Artikel Asli