Ingin Sukses Raih Cuan, Ikuti Tips Ala 3 Pahlawan Digital Ini

Ekonomi | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 11:55
Ingin Sukses Raih Cuan, Ikuti Tips Ala 3 Pahlawan Digital Ini

JawaPos.com Anak muda dituntut tak hanya kreatif, tetapi juga sudah mulai berani untuk berbisnis. Sayangnya tak semua berani untuk langsung terjun memulai. Sebagian masih pikir-pikir dan bingung soal modal awal.

Dalam Hari Pahlawan tahun ini, para anak muda pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM memberikan banyak kisah inspirasi kesuksesan mereka. Mereka berhasil memberdayakan masyarakat sekitar dan menjadi pahlawan bagi perekonomian negeri.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan derasnya inovasi, generasi muda dituntut untuk lebih aktif, cakap digital, mampu bersaing dan berjiwa kreatif. Hal tersebut dilakukan agar anak muda mampu menangkap segala peluang yang ada guna mengembangkan diri khususnya di tengah masa sulit pandemi ini.

Beberapa anak muda memiliki tips masing-masing untuk maju dalam berbisnis dan untung besar. Siapa saja mereka?

1. Fitri Hanna

Mahasiswa muda asal Jakarta Selatan ini selama masa pandemi aktif mencari peluang usaha Mitra Shopee untuk mengisi waktu luang sembari berkuliah daring dari rumah. Ia berhasil memiliki pemasukan tambahan untuk menabung atau membeli barang.

Sejak dulu, Hanna sangat aktif mencari peluang bisnis dan sempat berjualan produk kecantikan secara online dengan kakaknya, namun bisnis tersebut ternyata bukan jalan rezeki Hanna.

Dengan situasi yang mengharuskan banyak hal dilakukan secara daring, Hanna menyadari bahwa pulsa dan kuota internet merupakan kebutuhan masyarakat yang semakin dibutuhkan. Dengan bekal pengalaman berjualan pulsa yang sebelumnya pernah ia tekuni saat masih di bangku sekolah menengah, ia mulai mencari informasi keagenan untuk berjualan pulsa dan produk digital.

Awalnya saya sempat takut dengan pendapat teman-teman saat akan memulai usaha berjualan produk digital, namun saya berpegang teguh pada komitmen untuk menekan rasa gengsi dan fokus pada target untuk punya usaha dan menabung, kata Hanna, dalam keterangan resmi dari Shopee .

2. Brand Sepatu Geoffmax

Didirikan oleh tiga orang sahabat, salah satunya bernama Muhammad Shidiq di tahun 2012. Saat dibangun, mereka ingin menampilkan brand sepatu yang berbeda dengan mengusung konsep old school sebagai ciri khas produknya. Berawal dari perasaan miris sebab melihat banyaknya anak muda yang lebih senang membeli produk luar bahkan sampai membeli replikanya, trio pengusaha asal Bandung ini menghadirkan sepatu Geoffmax.

Bisnis Geoffmax kita mulai dari sebuah toko kecil di Bandung dan sekarang meluas ke berbagai daerah di Jabodetabek. Setelah beberapa tahun, kita lihat belanja online semakin trending . Nggak nyangka juga sekarang bisa ekspor ke Malaysia, Singapura dan Filipina. Setiap bulannya, ada ratusan produk yang udah bisa kita ekspor. Jualan ke luar negeri segampang jualan di Indonesia, kata Shidiq.

3. Baso Aci Akang

Berdirinya Baso Aci Akang didasari oleh kecintaan Founder & CEO Akang Group M. Dandi Sepsaditri, pada hidangan baso dan pengalamannya menyantap baso aci kemasan di Garut pada tahun 2015. Saat itu, muncul ide untuk membangun bisnis menjual baso aci yang mana kala itu belum menjamur.

Saya memberanikan diri untuk pindah ke Tangerang dan akhirnya mendirikan bisnis Baso Aci Akang pada tahun 2018 bermodalkan uang sebesar Rp8 juta, gerobak pinjaman dari tetangga, dan tempat sewaan di dalam komplek perumahan yang kurang strategis, kenangnya.

Di tengah perkembangan bisnisnya yang pesat, Dandi dan Baso Aci Akang dihadapkan dengan pandemi Covid-19 di tahun 2020 yang membawa dampak signifikan terhadap omzet usahanya.

Mengadopsi layanan pembayaran digital ShopeePay menjadi salah satu upaya yang dilakukan Dandi untuk bangkit, katanya.

Digitalisasi teknologi tidak hanya membuat UMKM lokal mampu bertahan, tapi juga bisa berdaya dan bermanfaat bagi komunitas sekitarnya. Lalu bagaimana tipsnya agar anak muda sebagai pemula bisa raih untung banyak?

1. Singkirkan gengsi, bangkit dengan inovasi

Untuk anak muda, saat ini juga bukan lagi waktunya untuk mengedepankan rasa gengsi. Jangan pernah takut untuk memulai usaha dan berinovasi. Proses awal dalam membangun usaha pasti akan sangat menantang, untuk itu kegigihan harus selalu ditanamkan di dalam diri kita.

2. Pintar cari peluang usaha

Di era yang serba digital saat ini, banyak peluang usaha bisa dilakukan dengan modal minim dan hanya dari rumah. Langkah yang harus dilakukan adalah melihat kebutuhan dari tetangga atau masyarakat di sekitar dan perhatikan juga tren yang sedang ada. Setelah itu, bisa pilih mana yang paling sesuai untuk dilakukan. Adopsi pembayaran digital dan penggunaan platform digital juga menjadi kunci untuk menyasar masyarakat yang juga semakin familiar dengan transaksi digital.

3. Aktif dalam promosi

Dalam memperluas jangkauan usaha, salah satu yang harus dilakukan adalah aktif dalam mempromosikan produk atau layanan yang kita sediakan ke target konsumen. Promosi bisa dilakukan lewat banyak kanal seperti media sosial. Dengan cara ini, kita bisa terus mengembangkan bisnis yang kita miliki menjadi semakin besar.

Artikel Asli