Menkeu Ingatkan Penguatan Peran Akuntan Dukung Recovery Pasca Covid-19

Ekonomi | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 11:18
Menkeu Ingatkan Penguatan Peran Akuntan Dukung Recovery Pasca Covid-19

JawaPos.com Perekonomian global mulai kembali bangkit tahun 2021 setelah didera krisis Covid-19. Profesi akuntan harus menunjukkan peran pentingnya dalam membangun kembali ekonomi global yang luluh lantak akibat krisis berkepanjang. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan ini saat berbicara dalam acara webinar puncak Aspiring Professional Accountants Festival (APAFest) 2021 yang diselenggarakan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Untuk kedua kalinya, IAI APAFest menjadi inisiasi global bekerjasama dengan even FinBiz2030 yang diselenggarakan One Young World (OYW) dan Chartered Accountants Worldwide (CAW). FinBiz2030 bertujuan untuk membangun komunitas keuangan dan bisnis yang aktif dan terlibat secara global yang didedikasikan untuk mencapai Sustainable Development Goals pada tahun 2030.

Dalam konteks Indonesia, Sri Mulyani menyebut bahwa langkah pemulihan dan berbagai kebijakan extra ordinary yang dijalankan pemerintah dinilai telah sesuai jalur. Sejak awal pandemi Covid-19, pemerintah dengan berbagai kebijakan fokus kepada menyelamatkan rakyat dari ancaman di bidang kesehatan dan memberikan dukungan terutama kepada masyarakat yang paling rentan, ujar Sri Mulyani.

Melalui serangkaian kebijakan extraordinary tersebut, Menkeu optimistis konsolidasi fiskal secara bertahap disertai reformasi fiskal dapat dilakukan sesuai rencana sehingga defisit akan kembali ke maksimal 3 persen PDB di 2023.

Menjelang akhir 2021 ini, ekonomi Indonesia dinilai telah menunjukkan tanda-tanda positif, dilihat dari mobilitas populasi yang kembali ke era sebelum pandemi Covid-19. Menkeu memaparkan, pada kuartal ketiga tahun ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 3,51%. Sementara peningkatan konsumsi dan public sending ikut mempercepat proses recovery yang terjadi.

Indikator lainnya adalah naiknya fund raising di pasar modal pada bulan Oktober 2021 yang mencapai lebih dari Rp273 triliun. Kondisi ini menunjukkan kepercayaan investor mulai kembali pulih. Meskipun demikian, tantangan baru berupa munculnya Delta Varians Covid-19, kenaikan harga energi global, dan berbagai tantangan lain dinilai dapat menjadi ancaman dari proses recovery yang berlangsung.

Pada kesempatan itu, Sri Mulyani menghimbau profesi akuntan dan generasi muda akuntan Indonesia untuk mempersiapkan diri menghadapi kompleksitas lingkungan global yang semakin tidak terprediksi. Langkah itu dilakukan melalui peningkatan knowledge dan skill secara berkesinambungan, sambil terus membangun integritas melalui etika profesi dan implementasi standar profesi.

APAFest, Inisiasi IAI Persiapkan Generasi Muda Hadapi Ketidakpastian Global Sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2017, IAI APAFest telah menjadi sebuah inisiatif penting dalam menyatukan dan menginisiasi komunitas akuntan muda di Indonesia untuk mempersiapkan diri menghadapi kompleksitas bisnis yang makin mendunia di masa depan.

Ketua Dewan Pengurus Nasional IAI Prof. Mardiasmo mengatakan, APAFest merupakan wadah bagi para akuntan muda untuk mengekspresikan aspirasi mereka, bertemu dengan para pemimpin profesi, dan membangun jalur untuk masa depan mereka sebagai Akuntan Profesional.

APAFest juga dipandang sebagai festival kreativitas akuntan muda IAI yang mempertemukan perusahaan terkemuka di Indonesia dengan kandidat terbaik calon akuntan profesional. Melalui APAFest, akan terjalin koneksi yang kuat dan simbiosis mutualisme antara profesi, industri, serta mahasiswa dan lulusan terbaik jurusan akuntansi di Indonesia.

Artikel Asli