Gokil! Microsoft Jadi Raksasa Teknologi Pertama yang Gabung di Dunia Metavers Mark Zuckerberg

Ekonomi | wartaekonomi | Published at Kamis, 11 November 2021 - 10:20
Gokil! Microsoft Jadi Raksasa Teknologi Pertama yang Gabung di Dunia Metavers Mark Zuckerberg

Facebook atau Meta yang dimiliki Mark Zuckerberg telah bekerja sama denganMicrosoft untuk mengintegrasikan Workplace dengan aplikasi buatan Microsoft, Teams dalam potensi kolaborasi metaverse di masa depan.

Kemitraan ini akan saling menguntungkan satu sama lain. Misalnya, pengguna Workplace, mulai awal 2022 dapat melakukan streaming langsung rapat video Teams di grup Workplace sementara pengguna Teams akan memiliki akses ke konten Workplace tanpa harus beralih antar aplikasi.

Melansir Gizmodo di Jakarta, Kamis (11/11/21) secara visual, Workplace akan muncul sebagai tab yang disematkan di Teams.

Dalam sebuah pernyataan kepada CNBC , kepala Workplace untuk Meta, Ujjwal Singh, mengatakan kemitraan itu ditujukan untuk bisnis yang sudah menggunakan Teams dan Workplace untuk memecahkan masalah yang berbeda.

Saya akan mengatakan kami yang terbaik di kelasnya dalam komunitas, koneksi, orang-orang pertama, dan melayani semua karyawan, kata Singh kepada CNBC .

Teams bisa dibilang terbaik di kelasnya dalam hal produktivitas, jadi ini benar-benar dua produk terbaik di kelasnya yang bersatu untuk memecahkan masalah pengalaman karyawan.

Sementara itu, Meta dan Microsoft sama-sama mendapat manfaat dari integrasi, Meta bisa dibilang akan melihat peningkatan yang lebih besar. Workplace baru saja melampaui 7 juta pelanggan berbayar pada bulan Mei, tetapi tidak berarti jika dibandingkan dengan 250 juta pengguna aktif bulanan Microsoft Teams yang dilaporkan.

Perlu diingat ini juga bukan contoh pertama Workplace bermitra dengan Microsoft: Office 360 ??suite, Share Point, dan OneDrive semuanya sudah terintegrasi.

Integrasi Workplace dan Teams hadir tepat saat kedua raksasa teknologi siap untuk saling berhadapan di ruang metaverse perusahaan yang sedang berkembang.

Pada bulan Agustus, Meta mengumumkan ruang kolaborasi VR tempat kerja yang disebut Horizon Workrooms. Aplikasi yang masih dalam versi beta ini menawarkan pandangan sekilas tentang seperti apa sisi VR dari metaverse Facebook.

Kemudian, minggu lalu, Microsoft mengumumkan sedang bersiap untuk mengintegrasikan AR dan VR dari platform Microsoft Mesh ke dalam Teams, yang pada dasarnya menciptakan "metaverse" yang berfokus pada perusahaan sendiri.

Microsoft menyebut integrasi Mesh dan Teams sebagai "gerbang menuju metaverse" yang digambarkannya sebagai "dunia digital".

Pengguna tim yang memakai headset VR dapat menggunakan avatar yang dapat disesuaikan sesuai isyarat wajah, yang berpotensi digunakan sebagai pengganti virtual bagi seseorang yang ingin mematikan kamera selama rapat.

Sementara itu, sebagian besar ambisi metaverse Meta dan Microsoft masih belum jelas, integrasi Workplace dan Teams baru-baru ini dapat membuka jalan menuju integrasi tempat kerja perusahaan di masa depan antara kedua perusahaan.

Jika itu terjadi, metaverses dapat memiliki platform satu atap yang menggabungkan kekuatan perangkat keras Oculus Meta yang terjangkau dan pengetahuan produktivitas online Microsoft. Jika tidak, pekerja kantor yang tertarik dengan metaverse mungkin akan merasa dipaksa untuk beralih di antara beberapa ekosistem yang bersaing.

Artikel Asli