Loading...
Loading…
Bukan Hanya Sekadar Tambahan Bumbu dalam Masakan, Manfaat Kesehatan Lengkuas Bikin Nagih!

Bukan Hanya Sekadar Tambahan Bumbu dalam Masakan, Manfaat Kesehatan Lengkuas Bikin Nagih!

Ekonomi | wartaekonomi | Selasa, 09 November 2021 - 06:00

Dengan tanahnya yang subur, menjadikan Indonesia sebagai lumbun aneka ragam rempah yang memiliki banyak manfaat.

Manfaat yang didapat bisa dari sisi ekonomis, menambah cita rasa makanan, sampai pada aspek kesehatan.

Alternatif obat herbal yang berbahan rempah juga sudah banyak hadir di tengah masyarakat. Sebagian orang memilih alternatif herbal, misalnya karena mungkin lebih murah dibanding obat kimia pada umumnya, ataupun tinjauan aspek kesehatan jangka panjang terhadap konsumsi obat-obatan.

Lengkuas sebagai rempah selain digunakan dalam makanan juga ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan yang mungkin Anda belum mengetahuinya.

Melansir laman kesehatan Healthline , Akar lengkuas adalah rempah-rempah asli Asia Selatan. Ini terkait erat dengan jahe dan kunyit dan telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan tradisional Tiongkok selama berabad-abad.

Mirip dengan jahe dan kunyit, lengkuas dapat dimakan segar atau dimasak dan merupakan tambahan yang populer untuk banyak masakan Cina, Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Rempah-rempah ini juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit tertentu, karena dipercaya dapat membantu mengobati infeksi, mengurangi peradangan, meningkatkan kesuburan pria, dan bahkan melawan berbagai jenis kanker. Berikut rinciannya:

Baca Juga :
3 Alternatif Pengganti Cabai yang Harganya Terus Nanjak

Kaya akan antioksidan

Akar lengkuas adalah sumber yang kaya antioksidan, yang merupakan senyawa tanaman bermanfaat yang membantu melawan penyakit dan melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas yang merusak.

Dapat melindungi dari kanker tertentu

Akar lengkuas dapat membantu melindungi tubuh Anda dari jenis kanker tertentu. Studi tabung menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam akar lengkuas, yang dikenal sebagai galangin, dapat membunuh sel kanker atau mencegahnya menyebar.

Dapat meningkatkan kesuburan pria

Bukti yang muncul menunjukkan bahwa akar lengkuas dapat meningkatkan kesuburan pria. Dalam satu penelitian pada hewan, jumlah sperma dan motilitas meningkat pada tikus yang diberi ekstrak akar lengkuas.

Dapat melawan peradangan dan rasa sakit

Akar lengkuas dapat mengurangi peradangan penyebab penyakit, karena mengandung HMP, fitokimia alami yang menurut penelitian tabung dan hewan memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Dapat melindungi dari infeksi

Baca Juga :
Gurih dan Bikin Nagih, Cobain Ayam Goreng Lengkuas Legendaris di Kota Serang Ini

Minyak atsiri yang diekstrak dari akar lengkuas dapat melawan berbagai mikroorganisme.

Namun yang perlu menjadi perhatian adalah saat ini herbal bukanlah menjadi standar pengobatan terutama penyakit-penyakit kronis. Selalu ikuti arahan dokter atau ahli terkait agar kesehatan Anda bisa tetap terjaga dan aman.

Original Source

Topik Menarik