Loading...
Loading…
Golongan Darah A Lebih Berisiko Terkena Kanker Lambung, Kok Bisa? Ternyata...

Golongan Darah A Lebih Berisiko Terkena Kanker Lambung, Kok Bisa? Ternyata...

Ekonomi | wartaekonomi | Kamis, 04 November 2021 - 07:30

Apakah kamu bergolongan darah A? Jika, iya maka kamu harus mengetahui bahwa ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan kamu terkena kanker lambung lho. Apakah kamu bergolongan darah A?

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (3/11/2021), ternyata ahli menyebut bahwa pemilik golongan darah A bisa bersiko tinggi terkena kanker lambung.

Kanker memang menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi banyak orang. Hal ini karena risikonya yang sangat tinggi sampai bisa menyebabkan kematian.

Apalagi sampai saat ini masih belum ditemukan penyebab utama penyakit kanker pada manusia.

Golongan Darah A Rentan Terkena Kanker Lambung

American Cancer Society menyatakan bahwa seseorang dengan golongan darah A lebih rentan terkena kanker lambung dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Weijing Sun, MD, Asisten Profesor Kedokteran di Universitas Pennsylvania, Direktur Upper GI Pancreatic-biliary-hepatic Cancer Group dan the Associate Director of the GI Cancer Program menyatakan hal serupa.

Namun, angka kejadiannya lebih spesifik pada kanker lambung distal daripada kanker lambung proksimal. Kanker lambung distal terjadi di lambung bagian bawah, sedangkan kanker lambung proksimal terletak di area atas lambung. Namun, mekanisme maupun alasannya belum diketahui.

Baca Juga :
Pakar UGM Ungkap Gejala Gangren pada Covid-19

Hal itu bisa terjadi juga karena faktor lain, misalnya karena beberapa molekul tertentu. Hal yang harus diperhatikan, golongan darah A hanya sekedar faktor risiko saja. Bukan berarti golongan darah lain tidak berisiko.

Berbagai faktor lainnya bisa saja memengaruhi seseorang terkena kanker lambung.

Oleh karena itu, berbagai pencegahan sebaiknya juga dilakukan tak hanya bagi seseorang dengan golongan darah A saja, melainkan oleh setiap orang.

Gaya Hidup yang Memengaruhi Kanker Lambung

Beberapa gaya hidup yang juga dikaitkan dengan faktor risiko kanker lambung, antara lain:

Makanan Penyebab Kanker Lambung

1. Mengonsumsi Makanan Panas

Makanan panas meningkatkan risiko kanker lambung sebesar 4,22 kali.

Hal ini karena selaput lendir di saluran pencernaan manusia cukup rentan dan hanya bisa menangani makanan dengan suhu 50 sampai 60 derajat Fahrenheit, atau setara 15 derajat Celcius.

Kebiasaan makan dalam kondisi panas bisa membakar selaput lendir saluran pencernaan dan menyebabkan perubahan patologis. Inilah yang akhirnya bisa menyebabkan kanker perut.

Baca Juga :
Dukcapil Minta Masyarakat Lengkapi Data Golongan Darah di KK, Ini Alasannya

Sebagai solusi, kita harus berusaha menghindari makanan dengan suhu di atas 15 derajat celcius Selain itu, makanlah sebanyak mungkin sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin C.

2. Makan Nasi Dicampur dengan Sup atau Kuah

Ternyata makan nasi yang dicampur dengan sup bukanlah kebiasaan makan yang sehat. Hidangan semacam ini bisa menambah beban perut.

Akibatnya lambung akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk proses mencerna. Selain itu, kebiasaan makan semacam ini bisa menyebabkan hiperekresi dalam air liur yang memperlambat penyerapan gizi pada nasi

3. Makan Buah Berasa Asam saat Perut Kosong

Makan buah asam pada perut kosong termasuk kebiasaan tidak sehat. Saat kita lapar, asam lambung di perut akan mencapai konsentrasi tinggi.

Jika dikombinasikan dengan buah yang asam maka akan mengendap di perut. Lama kelamaan akan menimbulkan benjolan endapan besar.

Tekanan udara di perut pun akan meningkat dan menyebabkan nyeri, bengkak, bersamaan dengan gejala terkait lainnya.

4. Sering Konsumsi Daging Olahan

Periset menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi 50 gram daging merah olahan memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker lambung.

Risiko menjadi lebih tinggi bila konsumsi daging merah olahan tersebut dimasak dengan menggunakan asap atau garam seperti daging asap, hotdog, atau sosis panggang.

Ada peningkatan sekitar 18% risiko terkena kanker lambung dengan pola konsumsi seperti itu.

Itulah beberapa penyebab kenapa golongan darah A rentan terkena kanker lambung.

Original Source

Topik Menarik

{