Waduh! Apakah Boleh Penderita Diabetes Mengonsumsi Suplemen? Ternyata…

wartaekonomi | Ekonomi | Published at Jumat, 15 Oktober 2021 - 04:40
Waduh! Apakah Boleh Penderita Diabetes Mengonsumsi Suplemen? Ternyata…

Diabetes adalah kondisi kronis yang spesial, mengapa demikian? Ini karena sedikit saja asupan ke dalam tubuh tidak dalam skala norma (terlalu banyak-terlalu sedikit) maka reaksinya turunannya akan berdampak pada tubuh lainnya

Tidak hanya untuk makanan, obat-obatan yang merujuk pada medis juga tidak bisa sembarangan dikonsumsi penderita diabetes. Hal ini dikhawatirkan terdapat kandungan lain yang mungkin berbahaya bagi penderita diabetes.

Kenyataan diabetes belum ditemukan obat yang bisa mengatasinya 100% membuat orang-orang berlomba untuk mencari treatment yang kiranya dapat membantu menjaga agar kondisi diabetes mereka tidak semakin parah.

Suplemen selama ini dikonsumsi banyak orang untuk mengoptimalkan kondisi kesehatan mereka. Pertanyaannya adalah bagaimana dengan penderita diabetes? Apakah dengan kondisi diabetes seseorang tetap boleh mengonsumsi suplemen?

Melansir laman kesehatan Healthline, dalam usaha penanganan kondisi diabetes diperlukan diet sehat, aktivitas fisik, dan menjaga berat badan, tak lupa penanganan langsung oleh dokter. Namun, bila itu tidak cukup untuk mempertahankan kadar gula darah Anda, dokter Anda dapat memutuskan obat mana yang paling cocok untuk Anda.

Seiring dengan perawatan ini, penderita diabetes telah mencoba berbagai herbal dan suplemen untuk memperbaiki diabetes mereka. Perawatan alternatif ini seharusnya membantu mengontrol kadar gula darah, mengurangi resistensi terhadap insulin, dan mencegah komplikasi terkait diabetes.

Beberapa suplemen telah menunjukkan harapan dalam penelitian pada hewan. Namun, saat ini hanya ada bukti terbatas bahwa mereka memiliki manfaat yang disebutkan di atas pada manusia.

Menurut American Diabetes Association (ADA), penderita diabetes lebih cenderung menggunakan suplemen dibandingkan mereka yang tidak mengidap penyakit tersebut.

Yang perlu diingat adalah suplemen apapun terkait diabetes tidak boleh digunakan untuk menggantikan pengobatan diabetes standar. Melakukannya dapat membahayakan kesehatan Anda.

Penting untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum menggunakan suplemen apa pun. Beberapa produk ini dapat mengganggu perawatan dan pengobatan lain. Hanya karena suatu produk alami tidak berarti aman untuk digunakan.

Artikel Asli