Resmikan Merger Pelindo I-IV, Presiden Jokowi: Ada yang Tak Efisien di Negara Kita

okezone | Ekonomi | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 11:28
Resmikan Merger Pelindo I-IV, Presiden Jokowi: Ada yang Tak Efisien di Negara Kita

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menggabungkan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo I-VI pada hari ini.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga meresmikan Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT)

Presiden Jokowi mengatakan, merger Pelindo akan menekan biaya logistik di Tanah Air. Sebab, saat ini biaya logistik di Indonesia masih tinggi atau berada di level 23% jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang berada di kisaran 12% saja.

"Kita tahu biaya logistik negara kita dibanding negara tetangga kita masih jauh, tertinggal kita ini. Mereka biaya logistiknya hanya 12% kurang lebih, kita masih 23%. Artinya ada yang tidak efisien di negara kita," ujar Jokowi dalam peresmian seperti ditayangkan di Youtube Setpres, Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Sebab itu, kata dia, penggabungan Pelindo yang dibarengi dengan masifnya pembangunan infrastruktur baik jalan, pelabuhan, dan bandara udara bertujuan untuk membawa produk-produk Indonesia agar bisa berkompetisi di pasar global.

Peresmian merger Pelindo diperkuat dengan penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 101 Tahun 2021 tentang Penggabungan PT Pelindo I, III, dan IV (Persero) ke Dalam PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang diteken Jokowi pada awal Oktober lalu.

Artikel Asli