Elon Musk Orang Terkaya Dunia Berharta Rp3.160 Triliun, Segini Selisihnya dengan Bezos

inewsid | Ekonomi | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 06:43
Elon Musk Orang Terkaya Dunia Berharta Rp3.160 Triliun, Segini Selisihnya dengan Bezos

NEW YorK, iNews.id - Pendiri dan CEO Tesla dan Spacex, Elon Musk menjadi orang terkaya dunia. Menurut Bloomberg Billionaires Index , kekayaan Musk saat ini sebesar 222 miliar dolar AS atau Rp3.160 triliun.

Kekayaan Musk bertambah 10,6 miliar dolar AS setelah penjualan saham sekunder oleh investor, sehingga valuasi SpaceX kini bernilai lebih dari 100 miliar dolar AS. Adapun selisih kekayaan Musk dengan pendiri Amazon Jeff Bezos sekitar 30,4 miliar dolar AS atau Rp432,6 triliun, di mana kekayaan Bezos sebesar 191,6 miliar dolar AS atau Rp2.726,4 triliun.

Dikutip dari CNN Business , saham Tesla milik Musk dan saham mayoritasnya di Spacex yang dimiliki secara pribadi membantunya memiliki kekayaan sangat besar. Musk mendapatkan 8,6 miliar dolar AS sejak penutupan perdagangan Jumat pekan lalu (8/10/2021) dan lebih dari 52 miliar dolar AS tahun ini.

Saham Tesla (TSLA) juga naik karena berhasil pulih dari tahun yang sulit. TSLA naik 13 persen secara year to date , jauh lebih kecil dari kenaikan sebesar 743 persen pada tahun lalu. Namun, ini adalah peningkatan besar setelah mengalami koreksi 22 persen pada Mei lalu.

Musk tidak mendapat bayaran pada 2020 dari jabatannya di perusahaan, namun dia menerima opsi saham selama tahun itu yang sekarang bernilai 22 miliar dolar AS. Dan opsi saham itu jauh lebih berharga karena naiknya harga saham.

Musk dan Bezos merupakan dua orang terkaya dunia yang berkompetisi dalam bisnis ruang angkasa. Bahkan sebelum meluncurkan misi pariwisata pertama ke luar angkasa di Inspiration4 pada September, SpaceX milik Musk memenangkan kontrak besar dengan NASA dan militer AS serta menerbangkan roket paling kuat.

Sementara Bezos, yang mendirikan Blue Origin pada 2000, dan miliarder pemilik Virgin Group Richard Branson, keduanya melakukan perjalanan ke luar angkasa musim panas lalu. Meski sangat kaya, namun sebuah laporan ProPublica pada Juni menunjukkan, beberapa miliarder, termasuk Elon Musk, Bill Gates, dan Jeff Bezos, membayar pajak penghasilan lebih kecil dibandingkan mayoritas orang Amerika, meskipun kekayaan mereka sangat besar.

Artikel Asli