Stok Mencukupi, Kementan Jamin Pupuk Subsidi untuk Petani Jawa Tengah

jawapos | Ekonomi | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 09:50
Stok Mencukupi, Kementan Jamin Pupuk Subsidi untuk Petani Jawa Tengah

JawaPos.com Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin ketersediaan stok pupuk subsidi untuk petani di Jawa Tengah. Hal itu disampaikan berkaitan dengan musim tanam kedua yang akan segera dimulai.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjelaskan, pupuk merupakan salah satu komponen krusial bagi petani dalam mengembangkan budidaya pertanian mereka. Untuk itu, Kementan berupaya berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan petani agar ketersediaannya mencukupi.

Kami terus bekerja memastikan agar ketersediaan pupuk subsidi ini mencukupi untuk petani. Kami memahami betul bahwa kebutuhan pupuk subsidi di kalangan petani ini amat tinggi, ujar Mentan SYL.

Pada saat yang sama, Direktur Jenderal Prasana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil mengimbau petani agar bijak menggunakan pupuk subsidi.

Katanya, apabila petani bijak menggunakan pupuk secara berimbang, produktivitas pertanian dipastikan tetap bisa dipertahankan. Ali menganjurkan petani mengoptimalkan pupuk yang ada. Jika pupuk digunakan dengan baik, otomatis produktivitas meningkat kendati alokasi pupuk bersubsidi pada 2021 tidak sebanyak permintaan dari petani, imbuh Ali.

Dikatakannya, pupuk bersubsidi diberikan untuk merangsang petani dan mengenalkan cara menggunakan pupuk yang baik. Subsidi hanya untuk merangsang petani kita dan memperkenalkan cara menggunakan pupuk yang baik. Apakah subsidi atau tidak subsidi, bukan itu persoalannya, tapi apakah margin keuntungan lebih besar, ujar Ali.

Ali menegaskan, pupuk merupakan kebutuhan mendasar agar budidaya pertanian berkembang dengan baik. Tanpa pupuk, Ali menjamin budidaya pertanian tak akan berkembang dengan baik. Kami tidak ingin ada pertanian yang terkendala, agar ketahanan pangan juga bisa terjaga, ujar dia.

Direktur Pupuk dan Pestisida Ditjen PSP Kementan, Muhammad Hatta menyebutkan, dengan pemupukan yang baik, produktivitas hasil pertanian juga dapat dipastikan meningkat. Pupuk ini juga erat kaitannya dengan peningkatan produktivitas pertanian. Pemupukan yang baik akan berpengaruh besar terhadap hasil panen petani, ujarnya.

PT Pupuk Indonesa memastikan stok pupuk subsidi di Provinsi Jawa Tengah sesuai alokasi. Ketersediaan pupuk subsidi ini nantinya akan dimanfaatkan pada musim tanam Oktober-Maret 2021-2022.

Hingga 7 Oktober 2021, jumlah stok pupuk subsidi yang berada di lini II dan lini III berjumlah 125,4 ribu ton. Adapun total stok pupuk subsidi Jawa Tengah yang mencapai 125,4 tibu ton ini terdiri dari pupuk Urea 74.919 ton, NPK Phonska 16.373 ton, SP-36 9.515 ton, ZA 6.918 ton dan Organik 17.750 ton.

Artikel Asli