Pemenuhan SDM Pelayaran Dukung Logistik

koran-jakarta.com | Ekonomi | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 08:30
Pemenuhan SDM Pelayaran Dukung Logistik

MAKASSAR - Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar Sulawesi Selatan sebagai perguruan tinggi pelayaran tertua telah memiliki sejarah panjang. Politeknik yang berusia 100 tahun itu turut berkontribusi dalam membangun pelayaran Indonesia.

"Kita ketahui bersama bahwa sektor transportasi laut dan sektor logistik di Tanah Air tidak bisa dipisahkan dengan pemenuhan SDM transportasi yang selama ini menjadi perhatian dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui BPSDMP. Salah satunya adalah yang selama ini telah dilahirkan oleh PIP Makassar," kata Plt. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Capt. Antoni Arif Priadi saat memberikan sambuatan dalam diskusi secara daring yang dipantau di Makassar, Rabu (13/10).

Diskusi tersebut menjadi rangkaian perayaan Satu Abad PIP Makassar sekaligus dengan Dies Natalies 100 Tahun PIP Makassar.

Antoni menambahkan, berdasarkan data pada 2020, PIP Makassar meluluskan sekitar 13.552 perwira pelayar dari tiga program studi yaitu Nautika, Tehnika, Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK). Selain itu, politeknik tersebut juga telah menggelar diklat norformal penjenjangan dan sertifikat pelaut yang telah dikeluarkan sekitar 58 ribu untuk pengawakan pelaut.

"Tidak hanya itu, kami juga akan berupaya memenuhi standar nasional sehingga SDM oleh pendidikan tinggi di BPSDMP, khususnya matra laut yang dihasilkan dapat terserap secara maksimal oleh industri untuk jenis pekerjaan seperti Mualim, Juru Motor dan ABK. Selain itu, itu sarana dan prasarana pendukung juga akan terus ditingkatkan," kata Antoni.

Artikel Asli