Catat! Ternyata Ini Vitamin yang Paling Dibutuhkan Penderita Diabetes

wartaekonomi | Ekonomi | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 08:00
Catat! Ternyata Ini Vitamin yang Paling Dibutuhkan Penderita Diabetes

Untuk bisa menjaga kesehatan diperlukan pemenuhan nutrisi seperti mineral, kalsium, protein dan juga vitamin. Jika pemenuhan nutrisi tesebut tidak bisa dipenuhi, maka risiko terkena penyakit sangat terbuka lebar.

Diabetes adalah kondisi kronis yang spesial, mengapa demikian? Ini karena sedikit saja asupan ke dalam tubuh tidak dalam skala norma (terlalu banyak-terlalu sedikit) maka reaksinya turunannya akan berdampak pada tubuh lainnya.

Atas kondisi tersebut maka penting bagi penderita diabetes memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan tepat termasuk vitamin.

Berikut ini beberapa vitamin yang dibutuhkan penderita diabetes agar kondisi kesehatan mereka tidak semakin parah, sebagaimana dilansir dari laman Diabetes Strong .

Tiamin (b1)

Mereka dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 lebih cenderung memiliki kadar thiamin dalam darah yang lebih rendah dan biasanya menderita risiko defisiensi thiamin yang lebih tinggi daripada orang yang tidak menderita diabetes. Vitamin ini sangat membantu dalam meredakan nyeri neuropati.

Vitamin B12

Vitamin B12 sangat penting untuk kesehatan sel darah merah dan fungsi otak. Orang dengan diabetes yang menderita kerusakan saraf di tangan dan kaki mereka mungkin melihat gejala mereka memburuk jika mereka kekurangan vitamin B12. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan jangka panjang dari obat treatment diabetes Metformin dapat menyebabkan kekurangan vitamin B12.

Vitamin D

Kekurangan vitamin D terkait dengan perkembangan diabetes, dan sebuah penelitian dari Denmark menunjukkan bahwa tingkat rendah kronis Vitamin D pada penderita diabetes dapat menyebabkan peningkatan risiko komplikasi dan kematian.

Banyak penderita diabetes juga memiliki kadar Vitamin D yang rendah, jadi pastikan untuk melengkapi diet Anda dengan banyak kuning telur, hati, ikan, dan produk susu dengan nutrisi yang ditambahkan.

Magnesium

Magnesium menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, memperkuat tulang, mengatur detak jantung, dan membantu tubuh mencerna dan menggunakan nutrisi dari makanan yang kita makan setiap hari.

Nutrisi penting ini sering rendah pada orang dengan diabetes tipe 2. Kadar magnesium yang rendah telah dikaitkan dengan resistensi insulin, sementara sebuah penelitian yang diterbitkan di Diabetes Care menemukan bahwa mengonsumsi vitamin secara teratur dapat menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 sama sekali.

Vitamin E

Vitamin E melawan racun eksternal, meningkatkan kemanjuran insulin, dan mengoksidasi darah. Mengkonsumsi suplemen Vitamin E dapat membantu mencegah penuaan dini dan kerusakan sel, mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2, dan membantu menjaga gula darah yang baik pada penderita diabetes yang sudah ada.

Vitamin C

Banyak penderita diabetes menderita kadar vitamin C yang rendah. Meningkatkan asupan Vitamin C membantu mengontrol kadar sorbitol dalam darah, yang dapat berbahaya pada tingkat tinggi dan dapat menyebabkan retinopati dan kerusakan ginjal, yang merupakan komplikasi umum diabetes.

Vitamin C juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu orang menurunkan gula darah dan meningkatkan kadar Hba1c mereka.

Selalu utamakan kunjungi tenaga kesehatan untuk mendapat penjelasan lajutan mengenai kadar nutrisi yang diperlukan pada kondisi diabetes Anda dan mendapat penanganan yang tepat dan aman atas kondisi diabetes Anda.

Artikel Asli