Apakah Konsumsi Daun Insulin Bermanfaat untuk Penderita Diabetes?

wartaekonomi | Ekonomi | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 07:00
Apakah Konsumsi Daun Insulin Bermanfaat untuk Penderita Diabetes?

Alternatif herbal menjadi salah satu pilihan beberapa orang dalam menangani sebuah keluhan kesehatan. Tentu banyak alasan mengapa sebagian orang memilih alternatif herbal, misalnya karena mungkin lebih murah dibanding obat kimia pada umumnya, ataupun tinjauan aspek kesehatan jangka panjang terhadap konsumsi obat-obatan.

Alternatif herbal terhada penyakit kronis juga kini semakin banyak. Bahkan beberapa produsen obat-obatan juga ikut mengklaim produksi obat mereka berbahan dasar herbal.

Salah satu penyakit kronis yakni diabetes juga diyakini memiliki alternatif treatment herbal. Banyak tanaman dikaitkan bisa menjadi bagian dari penanganan kondisi diabetes, salah satunya daun insulin.

Jika melihat dari namanya memang sangat terkait sekali dengan kondisi diabetes. Tetapi apa sebenarnya daun insulin itu? Apakah benar-benar memiliki manfaat untuk penderita diabetes?

Melansir laman defeatdiabetes.org , tanaman (daun) insulin, Step ladder , dan Spiral flag adalah beberapa nama yang diberikan kepada Costus Igneus Nak , yang juga dikenal dengan nama botaninya sebagai Chamaecostus cuspidatus .

Tanaman asli Amerika Selatan dan Tengah, Costus igneus Nak berasal dari keluarga tanaman Costaceae dan termasuk dalam genus Costus .

Ada kumpulan penelitian yang diterbitkan menjelaskan korelasi positif antara daun insulin dan individu dengan diabetes. Tanaman ini diyakini kaya akan protein, zat besi dan sejumlah komponen antioksidan seperti B-karoten dan a-tokoferol.

Sifat-sifat ini, dalam kombinasi dengan kandungan "insulin alami"-nya (senyawa fito yang mensimulasikan aksi metabolik insulin saat dicerna), membantu kemampuan C. igneus (daun insulin) untuk menurunkan gula darah pada individu dengan diabetes.

Meskipun fokus utama tentang tanaman ini berkisar pada pengobatan dan pengelolaan mereka yang menderita diabetes tipe 1 dan tipe 2, ada juga penelitian yang berfokus pada sifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan dari tanaman insulin juga.

Mengutip laman kesehatan hellosehat.com, penelitian lain yang diterbitkan oleh International Journal of Ayurveda Research melaporkan bahwa daun insulin mampu menurunkan kadar gula darah puasa (GDP) dan kadar GD2PP (2 jam setelah makan) ke taraf normal pada tikus lab yang mengalami hiperglikemia atau setelah dipicu dengan obat dexamethasone.

Meski sudah dilakukan beberapa studi, belum jelas seperti apa atau bagaimana mekanisme tanaman insulin ini bisa menurunkan gula darah yang tinggi.

Artikel Asli