Penting! Apa Boleh Penderita Diabetes Makan Buah Salak? Ternyata…

wartaekonomi | Ekonomi | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 04:30
Penting! Apa Boleh Penderita Diabetes Makan Buah Salak? Ternyata…

Menjaga kadar gula darah di posisi normal adalah kewajiban yang harus dilakukan penderita diabetes. Hal ini berimplikasi pada kontrol asupan makanan dan minuman yang menjadi salah satu faktor utama peningkatan gula darah.

Asupan seperti sayur dan buah-buahan telah lama diketahui memiliki manfaat kesehatan. Kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral sangat mudah ditemukan dalam sayuran terlebih buah-buahan.

Yang jadi masalah adalah dalam buah-buahan juga terkandung gula yang sangat amat perlu diwaspadai penderita diabetes. Jika penderita diabetes tidak waspada terhadap konsumsi buah-buahan yang tinggi gula, maka akan fatal akibatnya.

Salah satu buah yang masyarakat Indonesia atau mungkin Anda sukai adalah buah salak. Buah yang memiliki bentuk unik ini memiliki tempat tersendiri di lidah masyarakat Indonesia.

Tetapi apakah penderita diabetes boleh makan buah salak? Bagaimana penjelasannya?

Melansir laman Lets Go for Healthy Live, buah salak kaya akan nutrisi sehingga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Sebagai buah yang kaya nutrisi, salak mengandung Protein, Vitamin-C, Serat Makanan, Zat Besi, Beta-Karoten, Kalsium, Fosfor dan Karbohidrat. Dari profil nutrisinya kita tahu bahwa buah salak memberikan manfaat besar bagi kesehatan manusia selama dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Bagi penderita gula darah atau diabetes, mengkonsumsinya sangat baik karena buah ini tidak memiliki banyak kandungan gula. Kalaupun ada, ini adalah gula alami yang baik untuk kesehatan. Selain itu, manfaat besar salah satunya adalah kulitnya.

Mengkonsumsi teh dari kulit buah salak baik dalam meregenerasi sel pankreas sehingga dapat mengontrol diabetes. Buah ini juga mengandung pterostilbene. Ini adalah penurunan glukosa dalam darah sehingga gula darah tidak berlebihan. Jika Anda rutin mengonsumsi buah salak, Anda akan dapat menjaga kadar glukosa Anda tetap normal.

Catatan Penting

Dari keterangan di atas, dapat dipahami bahwa mengonsumsi salak memiliki manfaat kesehatan tersendiri terhadap kondisi diabetes. Namun layaknya makanan ataupun minuma lainnya, konsumsi salak belebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Hal ini karena terdapat kandungan zat atau nutrisi lainnya yang ada dalam salak dan belum tentu ramah dengan kondisi diabetes.

Mengutip laman kesehatan hellosehat.com, perlu diingat bahwa kandungan karbohidrat buah salak tergolong tinggi, yaitu 20,9 per 100 g (gram).

Kandungan ini lebih tinggi dari batas karbohidrat yang direkomenasikan untuk pengidap diabetes, yaitu 15 g. Kandungan karbohidrat dalam buah-buahan dapat memengaruhi kadar gula darah Anda.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mengonsumsi salak, sebaiknya batasi jumlahnya agar tidak lebih dari 100 g.

Artikel Asli