Istaka Karya Akan Dilikuidasi, 2-3 BUMN Siap Tampung Karyawan

Ekonomi | inewsid | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 16:10
Istaka Karya Akan Dilikuidasi, 2-3 BUMN Siap Tampung Karyawan

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan peluang kepada karyawan PT Istaka Karya, salah satu BUMN yang akan dilikuidasi untuk bekerja di BUMN di bidang serupa. Bahkan ada 2-3 BUMN yang siap menampung karyawan Istaka Karya.

Istaka Karya menjadi salah satu dari 7 BUMN yang akan dilikuidasi atau dibubarkan karena terus merugi. Bahkan, beban utang lebih tinggi daripada aset. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, upaya pemulihan keuangan perusahaan tidak dapat dilakukan lagi.

"Kami kasih peluang mereka tetap bisa bekerja di urusan (BUMN) kekaryaan. Dari segi keuangan berat banget, lebih tinggi utangnya dari asetnya sehingga sudah kita hitung, enggak mungkin lagi dioperasikan," kata Arya, Rabu (6/10/2021).

Pemegang saham mencatat, ada 2-3 BUMN Karya yang siap menampung karyawan Istaka. Tercatat, ada 11 perusahaan pelat merah di sektor konstruksi atau karya, yakni Perum Perumnas, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Amarta Karya (Persero), PT Brantas Abipraya (Persero), PT Hutama Karya (Persero).

Selain itu, PT Nindya Karya (Persero), PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Virama Karya (Persero).

"Karyawan akan diberi ruang masuk ke perusahaan karya, ada 2-3 perusahaan siap tampung mereka," ujarnya.

Artikel Asli