Sentimen Positif Aset Beresiko Bisa Dorong Penguatan Rupiah Hari Ini

Ekonomi | jawapos | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:08
Sentimen Positif Aset Beresiko Bisa Dorong Penguatan Rupiah Hari Ini

JawaPos.com Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mendapatkan angin segar sehingga hari ini dapat berpotensi menguat. Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) saat ini posisi rupiah berada di level Rp 14.260 per dolar AS.

Analis pasar uang Ariston Tjendra mengatakan, sentimen positif terhadap aset berisiko terlihat pada pagi ini dengan menguatnya mengikuti penguatan indeks saham AS dan Eropa semalam.

Membaiknya data ekonomi yang dirilis kemarin yaitu data indeks aktivitas sektor jasa Eropa dan AS mendukung sentimen tersebut. Sentimen ini bisa mendukung penguatan rupiah terhadap dollar AS hari ini.

Rupiah bisa bergerak di kisaran 14.240-14.280, ujarnya kepada JawaPos.com, Rabu (6/10).

Tapi di sisi lain, lanjutnya, yield obligasi AS tenor 10 tahun terlihat meningkat karena ekspektasi pengetatan moneter di AS. Yield kembali ke atas level 1,5 persen.

Disisi lain, data penggajian non-pertanian Amerika akan dirilis Jumat, dan diperkirakan menunjukkan peningkatan berkelanjutan di pasar tenaga kerja, yang dapat mendorong Federal Reserve untuk mulai mengurangi stimulus moneternya sebelum akhir tahun.

Ini bisa menekan penguatan rupiah terhadap dollar AS dan malah bisa mendorong pelemahan rupiah, pungkasnya.

Artikel Asli