Perdagangan Saham Grup Evergrande Disuspen Otoritas Bursa Hongkong, Ada Apa?

inewsid | Ekonomi | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 11:45
Perdagangan Saham Grup Evergrande Disuspen Otoritas Bursa Hongkong, Ada Apa?

JAKARTA, iNews.id - Perdagangan saham China Evergrande Group (Evergrande) dihentikan sementara atau disuspen Otoritas Bursa Hong Kong, di level 2,95 dolar Hong Kong (HKD), pada Senin (4/10/2021).

Unit usaha Evergrande Group lainnya, yakni Evergrande Property Services Group dan Evergrande Health Industry juga ikut disuspen, masing-masing di level HKD 5,12 dan HKD 3,08.

Otoritas Bursa Hong Kong belum memberi penjelasan mengenai hal ini dan masih belum jelas siapa yang memprakarsai penangguhan tersebut. Di samping itu, pihak Evergrande juga belum memberikan tanggapan terkait hal ini, dilansir Reuters, Senin (4/10/2021).

Penangguhan ini menggetarkan pasar keuangan dan membuat Yuan terkoreksi sedikit lebih rendah. Indeks Hang Seng (HSI) juga ikut terkoreksi (-2,18%) di 24.038,87 pada pukul 10:29 WIB.

Sejumlah emiten properti lain juga dikabarkan ikut merosot seperti Guangzhou R&F Properties Co Ltd turun 7 persen, dan Sunac China Holdings serta Country Garden masing-masing turun 4 persen.

Beberapa hari yang lalu para pemegang surat utang Evergrande sempat dirundung kecemasan lantaran batas waktu pembayaran bunga obligasi kedua telah berlalu tanpa kejelasan pembayaran.

Kabar ini sempat mengguncang pasar, khususnya China dan Hong Kong. Adapun hal ini turut memberi efek psikologis di seluruh dunia. Kekhawatiran sempat mereda setelah bank sentral China berjanji akan menyelesaikan masalah ini demi melindungi para investor dan pembeli properti.

Sepanjang tahun ini, saham Evergrande telah anjlok 80 persen, sedangkan unit propertinya telah merosot 43 persen di saat perusahaan berupaya mengumpulkan dana untuk membayar para investor.

Artikel Asli