Luhut Pasang Target Ekspor Rempah Bisa Tembus Rp28,6 Triliun

limapagi.id | Ekonomi | Published at Senin, 27 September 2021 - 11:11
Luhut Pasang Target Ekspor Rempah Bisa Tembus Rp28,6 Triliun

LIMAPAGI - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia ingin meningkatkan ekspor bumbu rempah ke sejumlah negara.

Luhut membidik angka ekspor itu mencapai USD2 miliar atau senilai Rp28,6 triliun

Kita juga tengah merangkul seluruh stakeholder mengangkat kuliner Indonesia mendunia melalui Indonesia spice up the world. Kita optimis untuk meningkatkan ekspor bumbu rempah mencapai USD2 miliar, kata Luhut dalam acara daring, Senin, 27 September 2021.

Selain meningkatkan ekspor, Luhut juga ingin bisa membuka empat ribu restoran di seluruh dunia hingga 2024. Restoran tersebut nantinya menyajikan kuliner Indonesia.

Luhut mengatakan, langkah tersebut diambil untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional. Menurut luhut pemulihan ekonomi harus dilakukan melalui jalan yang inovatif.

"Diperlukan langkah strategis dan inovatif agar roda perekonomian tetap bisa berjalan," imbuh Luhut.

Luhut juga menyinggung soal Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia. Menurut Luhut kedua gerakan itu harus dimulai dengan menyasar pasar domestik.

"Mulai dari Gernas BBI yang bergerak tahun lalu, tahun ini kita gongkan Bangga Berwisata di Indonesia. Strategi ini perlu diperkuat mengawali dengan menyasar pasar domestik karena dari pasar inilah pemulihan ekonomi nasional akan dimulai," singkatnya.

Artikel Asli