Pemerintah Anggarkan Rp60 Milliar Untuk Bantuan Insentif Sektor Parekraf

infobanknews.com | Ekonomi | Published at Senin, 27 September 2021 - 11:07
Pemerintah Anggarkan Rp60 Milliar Untuk Bantuan Insentif Sektor Parekraf

Jakarta Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengungkapkan, pemerintah telah berupaya untuk mendorong sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) agar dapat tetap survive di masa pandemi. Salah satunya adalah dengan memberikan Bantuan Insentif Pemerintah (BIP).

Ia menuturkan, bantuan ini merupakan program tahunan sejak 2017 yang memang ditujukan kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Jumlah BIP untuk 2021 tercatat mencapai Rp60 miliar, naik pesat dibandingkan tahun lalu.

Terdapat peningkatan anggaran BIP menjadi Rp60 miliar, 3 kali lipat dibandingkan 2020. Sasarannya tentu 7 sektor ekonomi kreatif, yaitu aplikasi, game developer, kriya, fashion, kuliner, film, dan pariwisata, jelas Airlangga pada sambutannya, Senin, 27 September 2021.

Tidak hanya itu, pemerintah juga telah menggelontorkan Dana Hibah untuk membantu para pelaku Parekraf yang saat ini tengah tertekan akibat pandemi. Airlangga mencatat Rp3,3 triliun Dana Hibah sudah diberikan. Program ini merupakan salah satu bagian dari Program Pemulihan Ekonomi (PEN) nasional.

Hibah pariwisata yang digelontorkan tahun lalu sebesar Rp3 triliun, tahun ini ditingkatkan menjadi Rp3,75 triliun dan ini merupakan bagian dari perlindungan sosial. Dana hibah ini tidak hanya bagi industri pariwisata dan restoran tetapi juga bisa digunakan bagi biro perjalanan wisata, pengelola destinasi, dan taman rekreasi, jelasnya.

Ia mengungkapkan, Dana Hibah diberikan dengan mekanisme transfer melalui Pemerintah Daerah yang nantinya akan disalurkan kepada pelaku-pelaku usaha. Bantuan ini diharapkan mampu meringankan beban para pengusaha di tengah pandemi Covid-19. (*)

Editor: Rezkiana Np

Artikel Asli