Aset Beresiko Membaik, Terbuka Celah Rupiah Bisa Menguat Hari Ini

jawapos | Ekonomi | Published at Senin, 27 September 2021 - 11:05
Aset Beresiko Membaik, Terbuka Celah Rupiah Bisa Menguat Hari Ini

JawaPos.com Pergerakan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) berpotensi menguat hari ini seiring dengan perbaikan aset beresiko pasar keuangan global. Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) hari ini rupiah berada di level Rp 14.250 per dolar AS.

Analis pasar uang Ariston Tjendra mengungkapkan, sentimen pasar keuangan global terhadap aset berisiko terlihat membaik pagi ini dengan menguatnya indeks saham Asia dan nilai tukar regional terhadap dolar AS.

Menurutnya, hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh mata uang Garuda yang diiringi dengan situasi pandemi dalam negeri yang terus membaik. Seperti diketahui, kasus Covid-19 RI cukup melandai sehingga pemerintah melonggarkan pembatasan kegiatan masyarakat secara bertahap.

Potensi penguatan ke kisaran 14.200-14.220, sementara resisten di kisaran 14.260, ujarnya kepada JawaPos.com, Senin (27/9).

Namun, Ariston menyebut, penguatan rupiah juga terbatas karena sentimen gagal bayar sektor properti Tiongkok dan sikap bank sentral AS, yaitu The Fed dalam menjalankan kebijakan moneter di negaranya.

Tapi mungkin penguatan tidak terlalu dalam karena pasar masih mengkhawatirkan potensi gagal bayar Evergrande dan sikap Bank Sentral AS yang akan menjalankan tapering akhir tahun ini, tuturnya.

Sebagai informasi, pasar keuangan global tengah mewaspadai potensi keruntuhan Evergrande yang terpurk karena kewajiban lebih dari USD 300 miliar. Untuk membiayai bisnisnya, Evergrande telah menerbitkan obligasi berdenominasi dolar terbesar di Tiongkok dengan imbal hasil tinggi, dan tagihan datang dari berbagai bank dan pemasok

Artikel Asli