Rumah Termahal di Dunia, Punya 27 Lantai Penghuni Tetap Hanya 5 Orang

inewsid | Ekonomi | Published at Sabtu, 25 September 2021 - 17:45
Rumah Termahal di Dunia, Punya 27 Lantai Penghuni Tetap Hanya 5 Orang

MUMBAI, iNews.id - Antilia, rumah milik pebisnis asal India sekaligus orang terkaya se-Asia bernama Mukesh Ambani, menjadi sorotan publik. Pasalnya, Antilia yang memiliki 27 lantai dengan fasilitas ala hotel bintang lima tersebut, mampu mengungguli Palace of Versailles di Prancis, dan Istana Buckingham di Inggris.

Dikutip dari Architectural Digest, Antilia disebut sebagai rumah pribadi termahal di dunia dengan perkiraan harga mencapai 2 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp30 triliun.

Antilia terletak di Jalan Altamount, Mumbai Selatan. Tidak hanya arsitektur bangunannya yang menarik perhatian, dekorasi tiap ruangannya pun didesain dengan fasilitas mewah yang menggabungkan mall, hotel, arena bermain, hingga tempat wisata.

Disebutkan, kediaman CEO Reliance Industries itu memiliki fasilitas kolam renang di luar dan di dalam ruangan, jogging track, empat arena kebugaran dan gym, studio tari, ballroom, lounge, arena balap mobil mini, snow world, dan bioskop dengan kapasitas 50 penonton.

Kolam renang outdoor di Antilia. (Foto: Istimewa)
Kolam renang outdoor di Antilia. (Foto: Istimewa)

Tak hanya itu, Antilia juga dilengkapi dengan cerobong asap dari kaca, baja, dan keramik dengan taman gantung setinggi empat lantai. Laporan dari Forbes menuliskan, tanaman-tanaman yang ada di rumah tersebut, mampu menghemat energi dengan menyerap cahaya matahari. Alhasil, suhu pada ruangan tetap dingin ketika musim panas dan hangat ketika musim dingin.

Dari 27 lantai bangungan, enam lantai difungsikan sebagai areal parkir alias garasi yang bisa menampung 168 mobil. Lantai 7 dijadikan sebagai bengkel atau tempat servis mobil. Antilia juga memiliki fasilitas helipad pada bagian atap bangungan, lengkap dengan helikopter yang selalu standby.

Helipad di Antilia
Helipad di Antilia (Foto: Istimewa)

Dirancang oleh firma arsitektur asal Amerika Serikat, Perkins and Will & Hirsch Bedner Associates, Rumah Antilia menggunakan konsep high ceiling. Artinya, setiap lantai dari rumah ini punya ketinggian setara rumah dua lantai pada umumnya.

Tidak mengherankan rumah dengan 27 lantai itu memiliki tinggi 173 meter dengan luas total lebih dari 37.000 meter persegi. Walaupun sangat tinggi, Rumah Antilia dirancang tahan gempa, hingga berkekuatan 8 Skala Richter.

Uniknya, dengan rumah seluas dan semewah itu, Antilia hanya memiliki penghuni tetap sebanyak lima orang, yakni Mukesh Ambani, istrinya--Nita Ambani, dan ketiga anaknya--Isha Ambani, Akash Ambani, dan Anant Ambani.

Mukesh Ambani bersama istri dan ketiga anaknya.
Mukesh Ambani (kanan), bersama istri dan ketiga anaknya. (Foto: istimewa)

Untuk operasional sehari-hari, Antilia memang mempekerjakan karyawan sebanyak 600 orang, termasuk petugas keamanan elite, namun mereka tak dihitung sebagai penghuni tetap.

Sayangnya, kemewahan yang diperlihatkan Antilia juga menjadi sorotan karena bertolak belakang dengan kondisi masyarakat India yang sebagian besar adalah orang miskin, terutama di Mumbai.

Times of India menyebut bahwa tagihan listrik pertama rumah itu untuk September 2018 senilai 7 juta rupee (Rp1,3 miliar). Selain itu, para pegiat antikemiskinan juga berkomentar terkait kontrasnya keberadaan Antilia dan lingkungan sekitarnya yang didominasi rumah kumuh.

"Tak hanya di Mumbai, yang memiliki kawasan kumuh terbesar di Asia, tetapi juga seluruh India di mana 42 anak-anak berusia di bawah lima tahun kekurangan gizi," ujar Dipankar Gupta, pakar sosiologi dari Universitas Jawaharlal Nehru.

Artikel Asli