Pemprov Jabar Resmikan PLTS Atap Pabrik Mekarsari Danone-Aqua

Ekonomi | jawapos | Published at Selasa, 21 September 2021 - 15:05
Pemprov Jabar Resmikan PLTS Atap Pabrik Mekarsari Danone-Aqua

JawaPos.com Pemerintah Provinsi Jawa Barat meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap Pabrik Danone-AQUA di Mekarsari, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat secara virtual. Peresmian ini dilakukan bertepatan dengan Zero Emission Day (Hari Emisi Nol Sedunia).

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap yang dipasang tersebut memiliki kapasitas sistem sebesar 2.112 kWp, dan mampu menghasilkan listrik sebesar 2,3 GWh per tahun, serta mengurangi 1.916 ton CO2 per tahun. Hal ini dilakukan sebagai komitmen dalam mendukung pemerintah mencapai ambisi Emisi Nol pada tahun 2060, meningkatkan bauran energi baru terbarukan hingga 23 persen pada 2025, serta upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan implementasi energi baru terbarukan hingga 6,8 GW pada 2025.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sambutannya di acara peresmian mengatakan bahwa Jawa Barat merupakan provinsi dengan populasi terbesar linier dengan tingkat konsumsi energinya.

Guna mencukupi kebutuhan energi di Jawa Barat, dan meminimalisir dampak lingkungan dari produksi energi yang berasal dari fosil, Pemerintah Jawa Barat menargetkan proporsi suplai energi baru terbarukan untuk energi primer tersebut sebesar 20,1 persen, ujarnya dalam webinar, Selasa (21/9)

Ridwan melanjutkan, dalam Rencana Umum Energi Daerah (RUED), Jawa Barat menargetkan add-on dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebesar 918 MW. Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga memiliki target untuk menurunkan emisi Gas Rumah Kaca hingga 4,29% dimana 1,84% adalah kontribusi sektor energi, katanya.

Sementara itu, VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto mengatakan, pihaknya merupakan pelopor pemanfaatan PLTS Atap di industri dalam negeri sejak tahun 2017.

Melalui peresmian PLTS Atap berkapasitas 2.112 kWp di Pabrik Mekarsari yang merupakan fasilitas produksi terbesar kami, hingga saat ini telah ada empat pabrik DanoneAQUA yang memanfaatkan PLTS Atap dengan total kapasitas terpasang mencapai 6,2 MWp, ujar Vera.

Lebih lanjut, Vera mengatakan, mereka juga telah menetapkan target agar PLTS Atap dapat dimanfaatkan sebagai opsi sumber energi terbarukan pada 21 pabrik Danone-Aqua di seluruh Indonesia, dengan kapasitas hingga 15 MWp pada tahun 2023. Tentunya sembari terus menjajaki opsi energi terbarukan inovatif lainnya, katanya.

Artikel Asli