Jokowi Apresiasi Kinerja Krakatau Steel Setelah Bertahun-tahun Merugi

Ekonomi | jawapos | Published at Selasa, 21 September 2021 - 14:31
Jokowi Apresiasi Kinerja Krakatau Steel Setelah Bertahun-tahun Merugi

JawaPos.com Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kinerja PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) karena mencatat perbaikan keuangan setelah selama bertahun-tahun mengalami kerugian. Apalagi, saat ini perseroan baru saja meresmikan pabrik baja Hot Strip Mill 2.

Seperti diketahui, Krakatau Steel selama 8 tahun terakhir terus mengalami kerugian dan baru pada pertengahan tahun ini mampu menorehkan laba bersih USD 32,46 juta.

PT Krakatau Steel juga terus melakukan transformasi dan terus melakukan restrukturisasi. Pak Menteri BUMN (Erick Thohir) tadi juga menyampaikan Krakatau Steel saat ini sudah semakin sehat karena sebelumnya memang kurang sehat, ujar Jokowi di YoutTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/9).

Menurutnya, saat ini produksi perseroan semakin lancar dan strategis karena adanya pabrik baja tercanggih di dunia selain Amerika Serikat (AS) yang memproduksi baja canai panas atau hot rolled coil (HRC) dengan menggunakan teknologi 4.0 terbaru di industri baja.

Jokowi memaparkan, pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi HRC sebesar 1,5 juta ton per tahun. Pabrik ini merupakan pabrik pertama di Indonesia yang mampu menghasilkan HRC kualitas premium dan tertipis di Indonesia dengan potensi peningkatan produksi hingga mencapai 4 juta ton per tahun.

Dengan demikian, pemerintah memberikan perhatian besar bagi industri baja ini karena produk yang dihasilkan sangat dibutuhkan dan dimanfaatkan oleh industri-industri lain. Harapannya, akan menekan impor dan menjadi salah satu pilar penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi indonesia.

Artikel Asli