8 Tahun Rugi, Erick Thohir: Kini Krakatau Steel Untung Rp800 Miliar

Ekonomi | okezone | Published at Selasa, 21 September 2021 - 13:45
8 Tahun Rugi, Erick Thohir: Kini Krakatau Steel Untung Rp800 Miliar

JAKARTA - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk atau KRAS mencatatkan keuntungan sebesar Rp800 miliar pada kuartal II 2021. Sebelumnya, perseroan mengalami kerugian selama 8 tahun terakhir.

Kinerja positif itu pun dipamerkan Menteri BUMN Erick Thohir kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. Menurutnya, moncernya kinerja emiten merupakan buah dari restrukturisasi utang yang tengah dilakukan pemegang saham.

Saat ini KRAS memasuki tahap ketiga restrukturisasi setelah melewati dua fase sebelumnya. Dimana, sejak awal 2020 lalu manajemen melakukan restrukturisasi utang senilai 2,2 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 31 triliun.

"Sesuai restrukturisasi, mereka harus melakukan tiga tahapan Bapak. Dan tentu, tahapan ini sudah berhasil satu dan dua. Dan kalau kita lihat sekarang performanc-nya yang selama ini Krakatau Steel itu rugi 8 tahun terakhir terakhir, ini sudah untung Rp 800 miliar," ujar Erick, Selasa (21/9/2021).

Meski begitu, Erick tetap mengingatkan agar manajemen tidak berpuas diri. Saat ini emiten dituntut terus membenahi diri agar mampu memberikan kontribusi terhadap negara sesuai dengan arahan Jokowi.

Artikel Asli