Loading...
Loading…
Erick Thohir Optimistis RI Bisa Swasembada Gula dengan Libatkan Tebu Rakyat

Erick Thohir Optimistis RI Bisa Swasembada Gula dengan Libatkan Tebu Rakyat

Ekonomi | inewsid | Minggu, 19 September 2021 - 15:10

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan kunjungan kerja ke PTPN XII di Glenmore, Banyuwangi, Jawa Timur pada Sabtu (18/9/2021). Dalam kunjungan itu, dia berinteraksi dengan para petani tebu.

"Mendengar langsung silaturahmi dari pemilik lahan dan petani, untuk meningkatkan kualitas tebu dan kesejahteraan petani," tulis Erick dalam keterangan video yang diunggah pada akunnya di Instagram, dikutip Minggu (19/9/2021).

Selain itu, dia juga bertanya tentang kesulitan yang dihadapi para petani tebu di lapangan. Salah satu petani bernama Mulyawan mengatakan, mereka membutuhkan pupuk dan bibit. Mendengar itu, direksi PTPN XII yang mendampingi Erick berjanji akan memenuhi kebutuhan para petani tebu tersebut.

Kementerian BUMN juga memastikan PTPN akan menetapkan tingkatan rendemen atau kadar gula di dalam tebu tidak lagi di kisaran 4 sampai 5,5 persen lagi, tapi akan dinaikkan.

"Itu merugikan petani, paling tidak sekarang (rendemen) sudah di 8 persen," ujar Erick.

Erick pun optimistis dengan melibatkan para petani tebu, Indonesia bisa swasembada gula. "Optimitis swasembada gula, libatkan tebu rakyat. Kita bisa!" ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga meminta kepada petani tebu untuk diajarkan cara memotong pohon tebu. Erick pun mencoba memotong pohon tebu setelah dicontohkan oleh salah satu petani.

"Rusak, bukan ahlinya. Pak, terima kasih ya," kata Erick setelah mencoba memotong satu pohon tebu sambil mengembalikan arit yang dipakainya.

Original Source

Topik Menarik

{