Erick Thohir Sentil Swasta: Jangan Ngakalin BUMN, Bisnis Harus Saling Untung

okezone | Ekonomi | Published at Kamis, 16 September 2021 - 15:19
Erick Thohir Sentil Swasta: Jangan Ngakalin BUMN, Bisnis Harus Saling Untung

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menginginkan bisnis dan kerja sama antara BUMN-swasta saling menguntungkan. Jangan ada pihak yang ingin untung sendiri.

Erick Thohir menjelaskan, era digitalisasi tidak saja menuntut perusahaan menyesuaikan proses bisnisnya, namun juga melakukan transparansi. Apalagi, pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk berkompetisi di pasar terbuka.

"Saya juga meminta kepada swasta yang berpartner kepada BUMN jangan ngakalin harus win-win apalagi sekarang di era yang sangat transparan digitalisasi. Covid memaksa digitalisasi terjadi artinya transparansi dan pasar terbuka," ujar Erick, Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Tak hanya swasta, pemegang saham juga meminta kerja sama antara perseroan negara dan pemerintah daerah (pemda) pun membawa win-win solution. Dalam posisi ini, Erick memastikan BUMN tidak akan menjadi menara gading.

"Kita enggak mau BUMN menjadi menara gading, tapi saya ingin pastikan kerja sama BUMN dengan swasta dan pemerintah daerah harus win-win, saling untung," katanya.

Kementerian BUMN memang membuka pintu selebar-lebarnya bagi swasta dan pemda untuk menjalin kerjasama. Hanya saja, tidak saling membebani satu sama lainya.

Artikel Asli