Minta Anak Buahnya Tak Korupsi, Erick: Swasta juga Jangan Ngakali BUMN

jawapos | Ekonomi | Published at Kamis, 16 September 2021 - 13:31
Minta Anak Buahnya Tak Korupsi, Erick: Swasta juga Jangan Ngakali BUMN

JawaPos.com Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengaku, oknum tindak pidana korupsi kerap terjadi di tubuh perusahaan pelat merah. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan, dirinya tidak ingin tindakan korupsi terjadi lagi kedepannya.

Saya tidak mau ada oknum di BUMN yang selama ini sering terjadi korupsi, ujarnya secara virtual, Kamis (16/9).

Menurutnya, yang menjadi alasan seringnya terjadi tindakan korupsi di tubuh perusahaan BUMN karena terlalu berorientasi pada keuntungan proyek, bukan proses bisnis yang baik. Padahal, peran BUMN dalam menjalankan tugasnya harus berorientasi pada pelayanan masyarakat.

Karena project base bukan business process yang baik, ucapnya.

Ia berpesan agar pihak swasta yang menjalin kerja sama tidak mencurangi BUMN. Namun, kedua belah pihak harus sama-sama mendapatkan keuntungan dari kerja sama tersebut.

Saya juga minta para swasta yang ber- partner dengan BUMN, jangan ngakali. Harus win-win , tuturnya.

Apalagi, kata Erick, saat ini merupakan era digitalisasi yang sangat transparan dan sifatnya terbuka. Covid memaksa digitalisasi terjadi artinya transparansi dan pasar terbuka, imbuhnya.

Erick menambahkan, ia tidak ingin BUMN menjadi menara gading. Namun dapat memberikan dampak dan pengaruh positif pada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Saya ingin pastikan kerja sama BUMN dengan swasta dan Pemda harus win-win , saling untung, pungkasnya.

Artikel Asli