Peluang Menguat Lanjutan Terbuka-hari-ini

koran-jakarta.com | Ekonomi | Published at Kamis, 16 September 2021 - 09:21
Peluang Menguat Lanjutan Terbuka-hari-ini

JAKARTA - Nilai tukar rupiah berpotensi melanjutkan penguatannya, hari ini (16/9). Selain efek inflasi AS, data surplus neraca perdagangan dalam negeri diperkirakan turut menggerakkan rupiah ke area positif.

"Data inflasi AS memang menunjukkan sedikit penurunan pertumbuhan. Efeknya pun cukup lumayan membuat nilai dollar AS sedikit melemah hari ini," kata Analis Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) Nikolas Prasetia saat dihubungi di Jakarta, Rabu (15/9).

Consumer Price Index (CPI) AS tumbuh 0,3 persen (mom) atau 5,3 persen (yoy) pada Agustus, sedikit lebih rendah dibandingkan Juli 0,5 persen (mom) atau 5,4 persen (yoy). Salah satu komponen yang mendorong penurunan CPI tersebut adalah harga mobil bekas dan truk yang turun 1,5 persen, mengakhiri kenaikan selama lima bulan beruntun.

Nikolas menyampaikan meski ada harapan tapering dari sejumlah pejabat The Fed minggu lalu, tetap saja arah bank sentral AS saat ini masih mempertahankan kebijakan stimulus moneternya. "Jadi dengan data inflasi yang rilis semalam yang sedikit lebih lambat dari periode sebelumnya, cukup memberikan koreksi pada dollar AS dan menyumbang sedikit penguatan pada IDR (rupiah)," ujar Nikolas.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu (15/9) sore, ditutup menguat 5 poin atau 0,04 persen dari sehari sebelumnya menjadi 14.243 rupiah per dollar AS.

Artikel Asli