Uji Beban Jembatan Wai Kaka dengan 18 Truk, Hasilnya?

okezone | Ekonomi | Published at Kamis, 16 September 2021 - 07:52
Uji Beban Jembatan Wai Kaka dengan 18 Truk, Hasilnya?

JAKARTA - Pembangunan jembatan Wai Kaka yang bertempat di Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku sudah selesai. Tahap selanjutnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melakukan tahap uji Beban.

Uji beban dilakukan menggunakan 18 truk dengan berat masing-masing sebesar 17,92 ton sehingga total berat 322 ton yang digunakan untuk menguji beban jembatan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyebut, pembangunan jalan dan jembatan memiliki peran penting sebagai konektivitas antar wilayah dalam rangka memperlancar distribusi logistik di Indonesia.

"Konektivitas yang semakin lancar akan mengurangi biaya angkut kendaraan logistik dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," ujar Menteri Basuk, pada keterangan tertulis yang diterima MNC Portal Indonesia, Kamis (16/9/2021).

Jembatan Wai Kaka dibangun oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XVI Maluku, memiliki panjang 100 meter dan lebar lantai jembatan 7 meter. Jembatan ini juga dilengkapi dengan trotoar selebar 1 meter di sisi kanan dan kiri. Konstruksi jembatan menggunakan pondasi tiang pancang baja dengan tipe bangunan bawah menggunakan 2 abutment tanpa pilar dan tipe bangunan atas berupa RBI tipe A.

Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga Yudha Handita Pandjiriawan mengatakan, Jembatan Wai Kaka termasuk jembatan khusus. Untuk itu perlu dilakukan sertifikasi laik fungsi jembatan sebelum beroperasi.

Artikel Asli