Wall Street Menguat Ditopang Kenaikan Harga Minyak Dunia

okezone | Ekonomi | Published at Kamis, 16 September 2021 - 06:32
Wall Street Menguat Ditopang Kenaikan Harga Minyak Dunia

JAKARTA - Wall Street berakhir menguat pada perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB). Bursa saham AS menguat karena kenaikan harga minyak mentah mendorong saham-saham energi serta sejumlah data positif AS menunjukkan inflasi telah mencapai puncaknya dan pemulihan ekonomi tetap kuat, meningkatkan sentimen investor.

Indeks Dow Jones Industrial Average bertambah 236,82 poin atau 0,68%, menjadi menetap di 34.814,39 poin. Indeks S&P 500 terdongkrak 37,65 poin atau 0,85%, menjadi ditutup pada 4.480,70 poin. Indeks Komposit Nasdaq berakhir melonjak 123,77 poin atau 0,82%, menjadi 15.161,53 poin.

Sepuluh dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di wilayah positif, dengan sektor energi melonjak 3,81%, memimpin keuntungan. Sementara itu, sektor utilitas tergelincir 0,15%, menjadikannya kelompok dengan kinerja terburuk.

Ketiga indeks saham utama AS mengumpulkan kekuatan seiring berjalannya sesi, dengan saham-saham siklikal yang sensitif secara ekonomi, saham-saham berkapitalisasi kecil dan saham-saham transportasi memimpin kenaikan.

Sementara saham-saham yang harganya di bawah nilai intrinsiknya atau value stocks yang pada awalnya menahan keuntungan, sentimen pengambilan risiko memperoleh momentum sepanjang sore, meluas termasuk ke saham-saham pertumbuhan.

Hari ini adalah pertama kalinya dalam beberapa waktu saham-saham pertumbuhan dan value stocks berjalan cukup baik. Sudah baik atau selama beberapa minggu terakhir dan hari ini keduanya, kata Chuck Carlson, kepala eksekutif Horizon Investment Services di Hammond, Indiana. "Itu adalah sesuatu yang ingin dilihat oleh investor.

Artikel Asli