Bioskop di Jakarta Dibuka Mulai Besok, Pengunjung Wajib Pakai PeduliLindungi

inewsid | Ekonomi | Published at 15/09/2021 11:46
Bioskop di Jakarta Dibuka Mulai Besok, Pengunjung Wajib Pakai PeduliLindungi

JAKARTA, iNews.id - Bioskop di DKI Jakarta akan dibuka serentak dan akan beroperasi secara normal besok, Kamis (16/9/2021). Ini sejalan dengan pemerintah yang telah megizinkan pembukaan bioskop di sejumlah wilayah dengan status Pemberlakuaan Pambatasan kegiatan (PPKM) level 3 dan 2.

"Insya Allah kami pastikan untuk pusat hiburan bioskop akan kembali dibuka pada tanggal 16 September besok, dan akan dibuka di DKI Jakarta serentak setelah hari kemarin dan hari ini ada beberapa koordinasi dan pembahasan," kata Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin dalam acara Market Review IDX channel, Rabu, (15/7/2021)

Dia menuturkan, GPBSI sudah melakukan rapat dengan sejumlah bioskop di Jakarta. Selain itu, juga melakukan berbagai persiapan untuk melakukan pembukaan bioskop.

"Kita sudah meeting kemarin bersama CGV, XXI, Cinepolis kemarin sempat ada sedikit miskomunikasi dalam penafsiran surat dan beberapa pemahaman yang harus diluruskan dan akhirnya dibuatlah beberapa kesepakatan maka besok kamis buka," ujarnya.

Djonny memastikan untuk Bioskop DKI Jakarta akan dibuka secara serentak karena untuk level PPKM-nya sama.

"Karena levelnya Jakarta sama level 3, yang berbeda mungkin nanti di daerah. Pasti itu juga disesuaikan dengan leveling di wilayahnya. Dan itu sudah jadi kebijakan standarisasi dari pemerintah," ucap dia.

Dia pun berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan izin pembukaan bioskop. Dia berharap hal ini akan menambah gairah pelaku usaha perfilman.

"Pemerintah sekarang sudah sangat bagus sudah mau memanggil kami, sudah ada penyelesaian yang solutif dua arah. Saya apresiasi menteri-menteri dan stakeholders serta jajarannya," ujarnya.

Bagi pengunjung ada persyaratan supaya diizinkan masuk bioksop, yakni wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Beberapa persyaratan terkait pembukaan bioskop diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dalam Inmendagri tersebut, ada enam syarat yang harus dipenuhi bioskop untuk bisa beroperasi, yakni:

1. Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.

2. Kapasitas penonton maksimal 50 persen dan hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam PeduliLindungi yang diperbolehkan masuk bioskop.

3. Pengunjung yang berusia kurang dari 12 tahun dilarang atau tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam bioskop.

4. Penonton dan pengunjung bioskop tidak diperkenankan atau dilarang makan dan minum selama film diputar. Bagi pengelola pusat hiburan bioskop juga tidak diperkenankan menjual makanan dan minuman dalam area bioskop.

5. Penonton wajib mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan.

6. Daftar perusahaan yang akan mengikuti uji coba ini ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Artikel Asli