Ekonomi Mulai Pulih, Jokowi Minta Pelaku Usaha dan Perbankan Segera Ekspansi

limapagi.id | Ekonomi | Published at 15/09/2021 10:26
Ekonomi Mulai Pulih, Jokowi Minta Pelaku Usaha dan Perbankan Segera Ekspansi

LIMAPAGI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pelaku usaha memanfaatkan momentum perekonomian yang mulai tumbuh di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, pelaku usaha serta perbankan diminta melakukan ekspansi.

"Saya mengajak dunia perbankan dan para pelaku usaha untuk segera melakukan ekspansi, segera mengucurkan kredit, dan segera menggiatkan dunia usaha. Pandemi harus kita jadikan momentum untuk transformasi Indonesia," kata Jokowi di Jakarta, Rabu 15 September 2021.

Dia meminta dunia usaha untuk terus mengembangkan konsep ekonomi berkelanjutan, yakni green economy dan blue economy. Menurut dia, dengan kedua konsep tersebut perekonomian Indonesia bisa pulih sekaligus tumbuh berkelanjutan.

"Selain memulihkan ekonomi, juga tumbuh berkelanjutan dan merata. Kita punya peluang tumbuh lebih tinggi, potensi pasar ekspor terbuka," ujarnya.

Menurut dia, mitra dagang Indonesia juga mulai pulih pada kuartal II 2021. Hal itu bisa dilihat dari perekonomian sejumlah negara yang trennya positif, seperti China tumbuh 7,9 persen, Amerika Serikat (AS) 12,2 persen, Jepang 7,6 persen dan India 20,1 persen.

"Peluang ini harus kita manfaatkan untuk mendorong peningkatan ekspor sebanyak-banyaknya. Saya mengajak secara sigap memanfaatkan peluang ini," ucapnya.

Jokowi menambahkan, investasi berpotensi tumbuh lebih tinggi dengan berbagai reformasi struktural yang banyak memberikan kemudahan berusaha.

"Reformasi perizinan juga sudah mulai berjalan melalui online sehingga submission OSS berbasis risiko sehingga menciptakan iklim investasi yang semakin menarik," tuturnya.

Artikel Asli