Tenang! BLT Subsidi Gaji Cair hingga Oktober, Pekerja Bisa Dapat Rp1 Juta

okezone | Ekonomi | Published at 15/09/2021 05:41
Tenang! BLT Subsidi Gaji Cair hingga Oktober, Pekerja Bisa Dapat Rp1 Juta

JAKARTA BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) sudah dicairkan hingga memasuki tahap 4 dan 5. Pemerintah pun menargetkan rampung di bulan ini dan paling lama pada Oktober 2021.

"Pada tahap III, IV, dan V ini mudah-mudahan lancar dan selesai paling cepat September, paling lama Oktober 2021," ungkap Menaker Ida Fauziyah.

Berdasarkan data yang diterima, BLT subsidi gaji Rp1 juta tahap 4 menyasar kepada 1,6 juta pekerja dari 1,8 juta calon penerima BLT subsidi gaji.

Sedangkan, pada BLT subsidi gaji tahap 5 akan menyasar kepada 2,2 juta calon penerima BLT subsidi gaji. Meskipun saat ini masih dilakukan proses verifikasi data. Tidak menutup kemungkinan, data penerima BLT subsidi gaji tahap 5 akan menyusut.

Penerima BLT subsidi gaji tersebut telah sesuai dengan kriteria yang tercantum dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Permenaker Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian BSU bagi Pekerja atau Buruh dalam Penanganan Dampak Covid-19.

Berikut syarat penerima BLT subsidi gaji:

1. Persyaratan yang dimaksud yaitu WNI dibuktikan dengan NIK.

2. Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan, dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan sampai dengan Juni 2021.

Artikel Asli