4 Manfaat Berenang untuk Kaum Difabel

wartaekonomi | Ekonomi | Published at 14/09/2021 09:00
4 Manfaat Berenang untuk Kaum Difabel

Kegiatan berenang rupanya memberikan sejumlah manfaat di antaranya menambah tinggi badan. Berenang pun bisa termasuk jenis kegiatan yang inklusif. Artinya setiap orang dapat melakukan sesuai dengan kemampuannya, termasuk para penyandang disabilitas.

Dilansir dari Lift and Transfer Specialists, bagi teman difabel, kegiatan ini memberikan manfaat kesehatan dan psikologis jika dilakukan secara rutin. Adapun manfaat yang bisa diperoleh mencakup 4 hal di bawah ini, apa saja?

Bangun rasa percaya diri

Ketika berada di air, seorang penyandang disabilitas dengan keterbatasan mobilitas dapat bergerak dengan leluasa tanpa khawatir terbentur benda di sekelilingnya atau terjatuh.

Masa jenis air yang lebih berat dari pada tubuh manusia membuat tekanan di sekitar perenang berkurang.

Kondisi ini memberikan rasa bebas dan menyenangkan saat berada di air. Perasaan bebas bergerak memiliki dampak positif bagi psikologis penyandang disabilitas, salah satunya dapat membangun rasa percaya diri.

Memperlancar peredaran darah

Berenang merupakan olahraga yang dengan risiko yang paling rendah. Tenaga kesehatan kerap menganjurkan olahraga ini bagi mereka yang memiliki ganggan pergerakan, seperti cedera lutut, gangguan persendian, dan sejenisnya.

Berenang dapat menyelaraskan semua gerak dan memperlancar peredaran darah tanpa melawan gravitasi.

Rekatkan Pertemanan

Berenang merupakan kegiatan yang membuka komunikasi satu sama lain. Misalkan saling menyapa di pingir kolam yang tidak dalam. Kesempatan ini secara alami membuka hubungan yang setara bagi sesama perenang.

Advokasi isu aksesibilitas

Penyandang disabilitas yang memanfaatkan sarana umum, seperti kolam renang, dapat memberikan sudut pandang bagi pengelola, terutama mengenai aksesibilitas.

Pendapat atau masukan dari difabel membuka pemahaman pengelola kolam renang guna menyediakan berbagai fasilitas yang diperlukan.(*)

Artikel Asli