Erick Thohir Harap Holding Ultra Mikro Beri Bunga Kredit Murah Mulai November 2021

inewsid | Ekonomi | Published at 13/09/2021 13:25
Erick Thohir Harap Holding Ultra Mikro Beri Bunga Kredit Murah Mulai November 2021

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, terbentuknya Holding Ultra Mikro akan membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mendapatkan pembiayaan. Diharapkan Holding BUMN Ultra Mikro yang terdiri dari tiga perusahaan BUMN itu bisa segera memberikan bunga kredit lebih murah kepada pelaku UMKM.

Dia berharap, pemberian kredit dengan bunga murah bagi pelaku UMKM bisa dilakukan mulai November 2021. Langkah itu dinilai sebagai bentuk keberpihakan perusahaan pelat merah kepada pelaku usaha mikro.

"Saya mengharapkan penggabungan daripada BRI, Pegadaian dan PNM, di sini saya ada catatannya, ingin memastikan bisa terjadi bagaimana keberpihakan bunga lebih murah untuk yang di bawah. Dan sesuai kesepakatan kita waktu itu para dirut (Holding BUMN Ultra Mikro), November (2021) ini sudah benar-benar terjadi," kata Erick, Senin (13/9/2021).

Integrasi bisnis antara Pegadaian, PNM, dan BRI, menurutnya, harus mendorong bisnis UMKM. Pasalnya, dari pantauan langsung Erick di lapangan, sejumlah pelaku usaha mikro begitu membutuhkan kemudahan kredit.

Kemudahan dana, kata dia, memberikan keseimbangan ekonomi antara pelaku usaha dan masyarakat sekitar. Sebab, semakin baik kinerja UMKM karena mudahnya akses biaya, semakin banyak pula penyerapan tenaga kerja baru.

Keseimbangan pun terjadi antara BUMN dan UMKM. Karena kedua entitas bisnis tersebut saling menguatkan satu sama lain. Erick justru mengutuk perusahaan negara yang mendominasi bisnis UMKM.

"Dan itulah kenapa saya diberi kesempatan turun dan melihat bagaimana apa yang terjadi di bawah, apakah PMN dengan Mekaar-nya, nanti Pegadaian saya cek juga, bahwa impact -nya luar biasa. Ini kita harus pastikan dalam kondisi keseimbangan ekonomi harus terjadi. Tidak bisa yang besar makin besar, yang kecil makin kecil," tutur Erick.

Artikel Asli