Erick Thohir Akan Perkenalkan Holding Ultra Mikro di Pertemuan G20

jawapos | Ekonomi | Published at 13/09/2021 14:00
Erick Thohir Akan Perkenalkan Holding Ultra Mikro di Pertemuan G20

JawaPos.com Kementerian Badan Umum Milik Negara (BUMN) akan memperkenalkan holding ultra mikro pada pertemuan G20 tahun 2022. Sebab, nantinya pada pertemuan tersebut juga akan dihadirkan BUMN-BUMN dari negara-negara lain. Adapun anggota G20 adalah Argentina, Australia, Brazil, Kanada, China, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab, Saudi, Afrika, Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pemerintah ingin adanya sebuah acuan atau tolak ukur sebagai pembandingan proses bisnis dan ukuran kinerja suatu perusahaan dengan perusahaan lain atau standar industri. Kita ingin ada secara terbuka benchmarking BUMN kita dengan BUMN mancanegara. Kita belajar kita lihat apa kelebihan dan kekurangan kita, ujarnya secara virtual, Senin (13/9).

Erick menyebut, perusahaan pelat merah nantinya dapat banyak belajar dalam pertemuan tersebut. Pihaknya juga akan memberikan paparan mengenai holding ultra mikro dan menunjukkan bahwa Indonesia berbeda dan memiliki keunggulan tersendiri.

Salah satu kelebihan yang akan kita dorong, bagaimana nanti holding ultra mikro kita juga paparkan kepada BUMN negara lain bahwa Indonesia beda, tuturnya.

Erick berharap, nantinya holding ultra mikro dapat bertransformasi yang akan memberikan dampak bagi lingkungan BUMN lainnya serta dapat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif dan berkualitas. Sehingga, BUMN bisa bersaing di pasar yang terbuka. Human capital yang ada di holding ultra mikro supaya tadi kita bisa pastikan dan berkompetisi secara terbuka dengan pasar yang terbuka, ucapnya.

Erick menambahkan, hal ini bukan hanya keberpihakan politik, tetapi juga akan menjadi keberpihakan yang memiliki keberlangsungan jangka panjang. Seperti yang diharapkan oleh Bapak Presiden kita bahwa kita memang harus menjaga daripada UMKM kita, pungkasnya.

Artikel Asli