Kisah Orang Terkaya: Kushal Pal Singh, Mantan Tentara yang Kini Jadi Baron Properti India

wartaekonomi | Ekonomi | Published at 13/09/2021 11:00
Kisah Orang Terkaya: Kushal Pal Singh, Mantan Tentara yang Kini Jadi Baron Properti India

Salah satu orang terkaya di dunia ialah Kushal Pal Singh. Ia merupakan Chairman Grup DLF dan dinobatkan sebagai baron properti India. DLF memiliki kehadiran kepemimpinan yang kuat di industri real estat India dan perusahaan tersebut dikreditkan dengan mengembangkan kota modern Gurgaon.

K.P. Singh lahir pada 15 Agustus 1931 di Bulandshahar di Uttar Pradesh. Setelah lulus di bidang Sains dari Meerut College, ia pergi ke Inggris untuk belajar Teknik Penerbangan.

Namun, saat mengejar teknik di Inggris, Singh dipilih ke Angkatan Darat India yang bergengsi oleh Dewan Seleksi Layanan Perwira Inggris. Kemudian dia bergabung dengan Akademi Militer India di Dehradun dan ditugaskan ke The Deccan Horse-resimen kavaleri terkenal dari Angkatan Darat India pada tahun 1951.

Pada tahun 1960 dia meninggalkan pos tentaranya untuk bergabung dengan American Universal Electric Company, perusahaan patungan antara Universal Electric Company of Owosso, Michigan dan keluarganya.

Setelah itu, Singh mempromosikan perusahaan lain, yaitu Willard India Limited untuk bekerja sama dengan ESB inc dari Philadelphia memproduksi baterai otomatis di industri India dan menjadi direktur pelaksananya.

Pada tahun 1979, Singh bergabung dengan DLF Universal Limited. Ketika American Universal Company bergabung dengan DLF Universal Limited, Singh menjadi direktur pelaksana perusahaan baru tersebut.

Singh memiliki visi untuk membeli tanah di Gurgaon, yang saat itu merupakan desa tandus di pinggiran Delhi. Dia memiliki visi karena melihat potensi tempat yang belum dimanfaatkan. Hari ini Gurgaon adalah salah satu hotspot real-estate negara tersebut. Dengan 100 juta kaki persegi, DLF menembangkan Gurgaon yang dikembangkan dalam proyek perumahan, komersial dan ritel di seluruh India.

Kushal Pal Singh juga memegang sejumlah posisi profesional di India. Dia adalah Presiden ASSOCHAM (Kadin Asosiasi dan Industri India) dan Kamar Dagang & Industri PHD. Singh juga menerima Penghargaan 'Delhi Ratna' atas kontribusinya yang berharga bagi Delhi.

Saat ini, DLF yang berkantor pusat di Delhi dijalankan oleh putranya Rajiv sebagai ketua. DLF adalah perusahaan properti terdaftar terbesar di India berdasarkan kapitalisasi pasar.

Pada Agustus 2017, Singh menjual sepertiga sahamnya di lengan sewa DLF ke GIC Singapura, seharga USD1,9 miliar (Rp27 triliun). Pada Juni 2020, Singh mengundurkan diri sebagai ketua setelah lebih dari lima dekade di posisi itu. Dia sekarang adalah ketua emeritus DLF berharta USD8,6 miliar (Rp122 triliun).

Artikel Asli