Segudang Manfaat Kesehatan yang Terkandung Dalam Nigella Seeds atau Jintan Hitam

wartaekonomi | Ekonomi | Published at 13/09/2021 09:00
Segudang Manfaat Kesehatan yang Terkandung Dalam Nigella Seeds atau Jintan Hitam

Jintan Hitam sudah lama dipercaya sebagai obat-obatan alami yang bisa menyembuhkan atau meringankan penyakit di tubuh manusia. Bahkan jenis tumbuhan ini sering isiebut dalam teks-teks keagamaan sebagai tumbuhan yang bisa mengobat beragam penyakit. Lantas apa saja manfaat kesehatan yang ada dalam jintan hitam?

Berikut kami sajikan informasi beberapa manfaat kesehatan yang ada dalam Nigella seeds atau jintan hitam sebagaimana disadur dari laman healthline.

Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang menetralkan radikal bebas berbahaya dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel. Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat memiliki efek yang kuat pada kesehatan dan penyakit.

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat melindungi terhadap beberapa jenis kondisi kronis, termasuk kanker, diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Beberapa senyawa yang ditemukan di kalonji, seperti thymoquinone, carvacrol, t-anethole dan 4-terpineol, bertanggung jawab atas sifat antioksidannya yang kuat.

Satu studi tabung menemukan bahwa minyak esensial jintan hitam juga bertindak sebagai antioksidan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana antioksidan yang ditemukan di kalonji dapat berdampak pada kesehatan manusia.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol adalah zat seperti lemak yang ditemukan di seluruh tubuh Anda. Meskipun Anda membutuhkan kolesterol, jumlah yang tinggi dapat menumpuk dalam darah Anda dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jintan hitam telah terbukti sangat efektif dalam menurunkan kolesterol. Satu ulasan dari 17 penelitian menemukan bahwa suplementasi dengan jintan hitam atau Nigella Seeds dikaitkan dengan penurunan yang signifikan pada kolesterol LDL total dan "jahat", serta trigliserida darah. Menariknya, juga ditemukan bahwa minyak jintan hitam memiliki efek yang lebih besar daripada bubuknya.

Memiliki Sifat Melawan Kanker

Jintan hitam kaya akan antioksidan, yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit seperti kanker. Studi tabung telah menemukan beberapa hasil yang mengesankan mengenai potensi efek anti-kanker jintan hitam atau Nigella Seeds dan thymoquinone, senyawa aktifnya.

Misalnya, satu penelitian tabung menemukan bahwa thymoquinone menginduksi kematian sel dalam sel kanker darah. Studi tabung reaksi lain menunjukkan bahwa ekstrak kalonji membantu menonaktifkan sel kanker payudara.

Studi tabung reaksi lainnya menunjukkan bahwa jintan hitam dan komponennya mungkin juga efektif melawan beberapa jenis kanker lainnya, termasuk kanker pankreas, paru-paru, serviks, prostat, kulit, dan usus besar.

Membunuh Bakteri

Bakteri penyebab penyakit bertanggung jawab atas daftar panjang infeksi berbahaya, mulai dari infeksi telinga hingga pneumonia. Beberapa penelitian tabung reaksi telah menemukan bahwa jintan hitam (Nigella Seeds) mungkin memiliki sifat antibakteri dan efektif melawan jenis bakteri tertentu.

Satu penelitian menerapkan kalonji secara topikal pada bayi dengan infeksi kulit stafilokokus dan menemukan bahwa itu sama efektifnya dengan antibiotik standar yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri.

Beberapa penelitian tabung reaksi lainnya menunjukkan bahwa jintan hitam (Nigella Seeds) dapat membantu menghambat pertumbuhan MRSA (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus), serta banyak jenis bakteri lainnya.

Namun, penelitian pada manusia terbatas, dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat bagaimana kalonji dapat mempengaruhi berbagai jenis bakteri dalam tubuh.

Meringankan Peradangan

Dalam kebanyakan kasus, peradangan adalah respon imun normal yang membantu melindungi tubuh dari cedera dan infeksi.

Di sisi lain, peradangan kronis diyakini berkontribusi terhadap berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Dalam satu penelitian pada 42 orang dengan rheumatoid arthritis, mengonsumsi 1.000 mg minyak jintan hitam (Nigella Seeds) setiap hari selama delapan minggu mengurangi penanda peradangan dan stres oksidatif.

Demikian pula, sebuah penelitian tabung menunjukkan bahwa thymoquinone, senyawa aktif dalam jintan hitam (Nigella Seeds), membantu mengurangi peradangan pada sel kanker pankreas.

Terlepas dari hasil yang menjanjikan ini, sebagian besar penelitian pada manusia terbatas pada orang dengan kondisi tertentu. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana kalonji dapat mempengaruhi peradangan di kalangan masyarakat umum.

Artikel Asli