Aturan Baru Penumpang Kereta Mulai Besok: Wajib Sudah Divaksin Covid-19

inewsid | Ekonomi | Published at 13/09/2021 07:34
Aturan Baru Penumpang Kereta Mulai Besok: Wajib Sudah Divaksin Covid-19

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengeluarkan aturan baru bagi penumpang kereta. Seluruh pengguna KA jarak jauh, KA Lokal, KRL Jabodetabek, KRL Jogja-Solo, KA Bandara Soekarno-Hatta, serta KA Bandara Kualanamu harus sudah vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama mulai 14 September 2021.

"Dengan diberlakukannya syarat vaksin tersebut, maka Syarat STRP, Surat Tugas, atau surat keterangan lainnya tidak lagi menjadi syarat bagi pelanggan KA Lokal, Commuter, atau perkotaan," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Senin (13/9/2021).

Menurutnya, syarat tersebut baru diberlakukan mulai Selasa (14/9/2021). Bukti vaksinasi Covid-19 tersebut akan dicek oleh petugas melalui layar komputer petugas boarding sebelum naik kereta.

Data vaksinasi akan otomatis muncul pada layar komputer petugas boarding karena KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding dan mewajibkan calon pelanggan menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada saat pembelian atau pemesanan tiket, ujar Joni.

Jika data tidak muncul pada layar komputer petugas, maka pemeriksaan akan dilakukan secara manual dengan menunjukkan kartu vaksin calon pelanggan. Adapun syarat vaksinasi minimal dosis pertama ini juga menjadi syarat perjalanan KA jarak jauh. Selain itu, pelanggan KA Jarak Jauh juga harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Sementara VP Hospitality dan Customer Care KAI Bandara Fitri Kusumo Wardhani menuturkan, mulai hari ini KAI Bandara akan melaksanakan uji coba aplikasi PeduliLindungi di seluruh stasiun KAI Bandara. Penumpang wajib melaksanakan vaksin minimal dosis pertama pada 14 September 2021.

Untuk regulasi penumpang wajib sudah melaksanakan vaksinasi minimal dosis pertama pada 14 September 2021 besok dan akan diberlakukqn di seluruh stasiun KAI Bandara, ujarnya.

Dia mengimbau kepada pelanggan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan wajib menggunakan masker saat berada di area stasiun maupun di dalam perjalanan Kereta Api Bandara.

KAI Bandara juga secara rutin melaksanakan disinfeksi sarana baik sebelum maupun sesudah beroperasi, penumpang harap menjaga jarak minimal 1 meter atau mengikuti tanda/marka yang tersedia dengan penumpang lainnya atau petugas, dan melakukan pengecekan suhu dan prokes, tuturnya.

Selain itu, untuk mengurangi kontak fisik, antrean dan waktu tunggu di masa pandemi, KAI Bandara juga menyediakan alternatif bagi pelanggan untuk membeli tiket secara online melalui aplikasi, website atau mitra Railink.

Saat ini KAI Bandara juga menyediakan sistem Tap and Go dengan hanya Tap menggunakan kartu uang elektronik Bank (BNI, BCA, dan BRI)serta KMT (Kartu Multi Trip). Diharapkan hal ini dapat memberi kemudahan serta kenyamanan bagi pelanggan KA Bandara Railink, katanya.

Artikel Asli