Peserta Tes SKD CPNS 2021 Diminta Tetap Waspada Modus Janjikan Kelulusan

okezone | Ekonomi | Published at 13/09/2021 07:01
Peserta Tes SKD CPNS 2021 Diminta Tetap Waspada Modus Janjikan Kelulusan

JAKARTA - Peserta seleksi CPNS 2021 yang saat tengah melakukan seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk waspada terhadap modus-modus penipuan. Terutama untuk tidak percaya kepada oknum yang menjanjikan kelulusan.

Kepala Biro SDM dan Umum KemenPANRB Sri Rejeki Nawangsasih mengatakan, panitia tidak memungut biaya untuk peserta seleksi calon ASN.

"Sistem transparansi terus dikembangkan dalam seleksi CASN. Panitia juga tidak menghubungi peserta. Kalau sifatnya pembiayaan atau yang meminta sejumlah uang tertentu patut diduga penipuan," kata Sri Rejeki Nawangsasih dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (13/9/2021).

Selain itu juga diingatkan agar para peserta membaca dengan teliti pengumuman SKD. Pasalnya ada beberapa peserta yang tidak mengikuti SKD karena tidak hadir ataupun karena tidak memenuhi persyaratan yang diwajibkan.

Misalnya saja SKD CPNS KemenPANRB, terdapat beberapa peserta yang tidak membawa hasil swab RT PCR maksimal 2x24 jam atau rapid test antigen maksimal 1x24 jam. Salah satu peserta mengaku tidak teliti membaca persyaratan tersebut.

"Swab ini wajib dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir potensi penyebaran Covid-19 saat seleksi dilaksanakan," ujar Sub-Koordinator Sumber Daya Manusia (SDM) KemenPANRB Mochamad Wardhi Fachri.

Artikel Asli