Perlu Tahu! 5 Cara Sederhana Ini Bantu Ibu Menyelesaikan Pekerjaan Tanpa Kelelahan

wartaekonomi | Ekonomi | Published at 13/09/2021 04:30
Perlu Tahu! 5 Cara Sederhana Ini Bantu Ibu Menyelesaikan Pekerjaan Tanpa Kelelahan

Menjadi seorang ibu bukanlah perkerjaan yang mudah. Mengurus rumah tangga saja harus mengerjakan beberapa urusan, belum lagi jika ditambah dengan menjalani bisnis atau yang semisalnya. Tak jarang kelelahan kerap menghampiri dan berdampak pada kesehatan.

Efisiensi dan manajemen pekerjaan nampaknya dibutuhkan agar pekerjaan yang ibu lakukan dapat terselesaikan dengan baik tanpa harus mengalami yang namanya kelelahan. Berikut informasi mengenai cara yang bisa ibu lakukan agar menyelesaiakn segala pekerjaan tanpa kelelahan berlebih yang kami lansir dari laman Wellness Mama.

Buat Rutinitas Pagi

Nomor Satu dalam daftar adalah membuat rutinitas pagi. Jika Anda ingin menciptakan hari yang lebih produktif, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki pagi Anda. Jika Anda memulai hari dengan hiruk-pikuk dan tanpa rencana untuk menggunakan jam-jam awal, akan sangat sulit untuk menangani sisa hari itu secara efisien.

Ini hanya masalah menyiapkan waktu dan mencari tahu seperti apa pagi yang Anda inginkan, dan cara terbaik seperti apa yang membuat Anda bisa produktif sepanjang hari.

Gunakan Block Schedule

Berbicara tentang kalender atau perencana, tip bermanfaat lainnya adalah menggunakan jadwal blokir. Hal ini menurut penulis Anne Dillard dalam bukunya A schedule defends from chaos and whim .

Apa itu Block Schedule? Pada dasarnya, Block Schedule adalah mengatur tugas Anda ke dalam blok dan kemudian menjadwalkannya sepanjang hari. Dengan begitu, Anda tidak akan membagi waktu produktivitas terbaik Anda dengan tugas, janji temu, mencuci piring, menyedot debu, dsj, dan kehilangan semua jenis waktu berharga dalam transisi dari satu jenis tugas ke tugas lainnya.

Sistematisasi Organisasi Rumah Anda

Menciptakan sistem adalah kunci untuk menjadi lebih efisien dalam segala hal. Ini menghilangkan pengambilan keputusan, memastikan Anda mencapai prioritas Anda, dan umumnya memberi Anda panduan sepanjang hari, minggu, dan bulan.

Dalam membuat sistem organisasi rumah, Anda membuat daftar periksa yang mencakup semua area rumah tangga yang perlu diperhatikan, apakah itu membersihkan kamar mandi, mencuci pakaian, merencanakan makan, atau bahkan waktu senggang.

Dalam membuat sistem organisasi rumah, Anda bisa memulai dengan membuat garis besar apa yang terjadi setiap hari. Kemudian, seputar kegiatan sehari-hari, selanjutnya mengatur atau merencanakan tugas dan proyek yang juga perlu dilakukan dalam jangkauan minggu atau bulan.

Pertimbangkan Mengatur Rencana Makan

Matangkan rencana makan Anda yang mudah digunakan dan disesuaikan. Setelah Anda menyelesaikan prosesnya, Anda bisa menyelesaikan semua perencanaan makan Anda dalam waktu sekitar 5 menit seminggu.

Dengan melakukan hal ini Anda mungkin menghemat waktu anda yang biasa digunakan untuk memikirkan dan memilih apa yang harus dibelanjakan dan dimasak. Kondisi ini kemungkinan besar membuat anda memiliki waktu istirahat yang lebih banyak.

Ini membuat rencana makan secara otomatis, yang kemudian dapat Anda sesuaikan sebanyak yang Anda mau. Kemudian, Anda dapat melihat rencana makan, resep, dan daftar belanja di ponsel cerdas Anda.

Berdayakan Anak Anda

Ibu sering merasa harus melakukan segalanya untuk semua orang dalam keluarga. Tapi itu resep lain untuk kelelahan. Daripada melakukan semuanya sendiri, pertimbangkan cara Anda dapat memberdayakan keluarga Anda untuk melakukan sesuatu untuk diri mereka sendiri. Mendelegasikan tugas menghemat waktu Anda setiap hari.

Ini juga membantu mempersiapkan anak-anak Anda untuk dewasa, menjadikan mereka orang dewasa yang bertanggung jawab, disiplin, dan perhatian yang membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Itu dia 5 tips sederhana yang Anda dapat lakukan dalam melaksanakan tugas sebagai seorang Ibu dalam rumah tangga.

Artikel Asli