Menko Airlangga Kebut Pengembangan 27 Kawasan Industri Luar Jawa

limapagi.id | Ekonomi | Published at 09/09/2021 13:26
Menko Airlangga Kebut Pengembangan 27 Kawasan Industri Luar Jawa

LIMAPAGI - Pemerintah terus berupaya meningkatkan pemerataan ekonomi di luar Pulau Jawa. Hal ini ditunjukkan dengan cara membangun 27 kawasan industri di Luar Jawa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, kawasan-kawasan tersebut perlu terus di dorong dan menarik investasi. Pasalnya, sebagian dari kawasan-kawasan tersebut pertumbuhannya agak terbatas akibat pandemi Covid-19.

"Pemerintah telah menargetkan pengembangan kawasan industri yang difokuskan di luar jawa sebanyak 27 kawasan dan sembilan di antaranya adalah prioritas yaitu Sei Mangkei, Bintan, kemudian Ketapang, Palu, Teluk Weda, Teluk Bintuni serta 18 kawasan lain," kata Airlangga dalam dialog virtual di Jakarta, Kamis 9 September 2021.

Menurut dia, agar pengembangan kawasan industri dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya pemerintah perlu meningkatkan daya saing. Caranya dengan memberikan berbagai stimulus agar biaya produksi semakin menrun dan produktivitas meningkat.

Rencananya, pemerintah memberi bantuan baik itu dalam bentuk tax holiday, insentif lain berupa pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) maupun berbagai insentif pembebasan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) serta pembebasan bea masuk sesuai wilayah peruntukan industrinya.

"Dari sisi nonfiskal pemerintah menyediakan sarana dan prasarana penunjang terutama dalam industri-industri yang dikategorikan objek vital nasional dan pemerintah memberikan kemudahan administratif," ujarnya.

Airlangga menambahkan, kawasan industri juga memberikan peran penting untuk menunjang sektor industri guna menjaga kesesuaian ruang dan aglomerasi.

"Utamanya tentu juga mempertimbangkan keberlangsungan kawasan lingkungan hidup sehingga kawasan-kawasan ini bisa menjadi kawasan yang berkelanjutan," ucapnya.

"Pemerintah juga membentuk berbagai prioritas di dalam program strategis nasional (PSN).Tentunya pemerintah berharap PSN ini juga bisa berinvestasi dan bisa diselesaikan sesuai waktunya," tuturnya.

Karena itu, kata Airlangga, himpunan kawasan industri diharapkan dapat menyukseskan agenda pembangunan nasional terutama di sektor industri dan tentu perlu dijaga kerja sama baik dengan pemerintah pusat maupun daerah.

Artikel Asli