Erick Minta Jangan Sampai BUMN Untung Tapi UMKM Malah Buntung

jawapos | Ekonomi | Published at 09/09/2021 13:46
Erick Minta Jangan Sampai BUMN Untung Tapi UMKM Malah Buntung

JawaPos.com Kementerian Badan Usaha Milik Negera (BUMN) berupaya agar perusahaan pelat merah dapat menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi. Termasuk, dapat membantu pertumbuhan bisnis pengusaha sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut, salah satu cara untuk membantu UMKM adalah dengan menggunakan produk UMKM pada pengadaan barang dan jasa internal perusahaan BUMN. Selain itu para BUMN juga harus bisa bersaing secara global sambil ikut menarik UMKM untuk bertumbuh.

Menurutnya, sudah bukan waktunya BUMN tumbuh sendiri. Namun harus mampu bersaing di market terbuka dan menjadi lokomotif UMKM di belakangnya. Karena itu kita bicara jangan sampai BUMN untung, tapi UMKM pailit, ujarnya secara virtual, Kamis (9/9).

Erick menjelaskan, adapun program pengadaan barang dan jasa alias procurement digital yang sudah dikembangkan BUMN adalah Padi UMKM. Melalui program ini, para UMKM bisa mengakses tender pengadaan barang dan jasa di sejumlah perusahaan BUMN secara online.

Di sisi lain, lanjutnya, UMKM juga dapat memposting produknya untuk bisa dibeli para BUMN. Bahkan, kata Erick, sudah ada 10 ribu lebih UMKM yang berpartisipasi di Padi UMKM dengan total 130 ribu transaksi pengadaan barang jasa. Hingga bulan Agustus, lewat platform ini sudah ada transaksi sebesar Rp 10,4 triliun.

Ini bukti kalau BUMN terbuka, ini tadinya tender tertutup sekarang ini terbuka untuk sahabat kita para UMKM, pungkasnya.

Artikel Asli