Hingga Agustus, Modal Rakyat Salurkan Pendanaan Rp 2 T

republika | Ekonomi | Published at 09/09/2021 13:37
Hingga Agustus, Modal Rakyat Salurkan Pendanaan Rp 2 T

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Modal Rakyat Indonesia (Modal Rakyat) telah berhasil menyalurkan pendanaan lebih dari Rp 2 Triliun per Agustus 2021. Hingga kini Modal Rakyat telah mengajak 12,605 pendana individu, 22 pendana institusi, dan 14 mitra strategis untuk bersinergi mendukung inklusi keuangan Indonesia.

Tidak hanya itu, Modal Rakyat telah menyalurkan pembiayaan untuk 8,811 peminjam, yang terdiri dari pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Dari sisi demografis, peminjam Modal Rakyat 78 persen berada di pulau Jawa dan 22 persen berada di luar Pulau Jawa.

Sedangkan dari sisi pendana 75 persen pendana berasal dari pulau Jawa dan 25 persen pendana berasal dari luar pulau Jawa. Sedangkan dari sisi sektor pembiayaan, terdapat tiga sektor penyaluran pembiayaan terbesar yaitu sektor jasa akuntansi dan keuangan, sektor teknologi informasi, dan sektor perdagangan .

Hingga saat ini Modal Rakyat masih terus berupaya memperluas pembiayaan, terutama pembiayaan bagi pelaku UMKM di luar pulau Jawa. Tidak hanya itu, kolaborasi dan kerja sama dengan perbankan, bank perkreditan rakyat, hingga ekosistem startup di Indonesia juga menjadi langkah strategis bagi perusahaan dalam mewujudkan visi untuk memberikan kontribusi inklusi keuangan dan ekonomi secara nasional.

Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, para pendana institusi, dan segenap mitra strategis yang telah turut berkontribusi bagi perkembangan Modal Rakyat. Pencapaian penyaluran Rp2 Triliun ini tentu akan semakin memotivasi agar ke depan Modal Rakyat terus berkembang. Tentunya tidak hanya dari sisi nominal penyaluran pembiayaan, tetapi juga memperluas kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak agar inklusi keuangan dapat sungguh terbangun, ungkap CEO Modal Rakyat Hendoko Kwik.

Walaupun masih di tengah situasi pandemi, selama semester satu tahun 2021 Modal Rakyat tumbuh sekitar 15 persen per bulan. Pertumbuhan ini tentu menunjukkan optimisme, baik dari sisi perusahaan maupun industri fintech lending yang dapat terus berkembang di tengah situasi ini.

Selain itu, pada tahun ini Modal Rakyat juga telah resmi membuka kantor cabang di Surabaya guna menjembatani para pelaku UMKM yang membutuhkan dukungan pembiayaan untuk mengembangkan bisnisnya. Adapun jenis-jenis pembiayaan yang tersedia di Modal Rakyat hingga saat ini, yakni: Modal Mikro, Modal UKM, dan Modal Multiguna.

Artikel Asli