Produsen Semen Merah Putih Raih Dana IPO Rp1,17 Triliun, untuk Apa?

okezone | Ekonomi | Published at 09/09/2021 13:29
Produsen Semen Merah Putih Raih Dana IPO Rp1,17 Triliun, untuk Apa?

JAKARTA - Perdagangan saham perdana emiten produsen semen bermerek Merah Putih, PT Cemindo Gemilang Tbk ( CMNT ) dibuka langsung naik 25% atau 170 poin menjadi Rp850, mentok batas auto reject atas (ARA). Total transaksi mencapai Rp68,87 miliar. Kapitalisasi pasarnya sebesar Rp14,56 triliun.

Berhasil mengantungi dana penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) sebesar Rp 1,17 triliun, perseroan langsung tancap gas pacu pertumbuhan produksi.

Vince Erlington Indigo, Wakil Presiden Direktur CMNT mengatakan seluruh dana yang diperoleh setelah dikurangi biaya penerbitan akan digunakan seluruhnya untuk mendanai modal kerja, pembayaran sebagian utang bank sindikasi perseroan,

Pembayaran sebagian utang pembangunan pabrik terak ke dua di Bayah kepada Sinoma International Engineering Co Ltd dan PT Sinoma Engineering Indonesia, ujarnya dilansir Harian Neraca, Kamis (9/9/2021).

Selain itu, dana IPO juga dialokasikan sebagai belanja modal, yaitu penambahan Premix Crusher di pabrik Bayah, Coal Fired Gas Generator di pabrik Ciwandan, dan Coal Fired Dryer di pabrik Medan dan Bengkulu. Dirinya sendiri menyampaikan optimistis langkah perseroan masuk ke Bursa Efek Indonesia (BEI) akan berdampak positif bagi kinerja perseroan ke depan.

Menurutnya, lewat aksi korporasi ini akan memberikan hasil yang baik bagi pertumbuhan perusahaan. Aksi korporasi ini juga mendapat respons yang baik dan positif dari investor yang tertarik untuk ikut berpartisipasi dan menjadi bagian dari pertumbuhan perusahaan.

Perusahaan, lanjut Vince memahami kondisi saat ini yang penuh tantangan, untuk itu perusahaan telah mempersiapkan diri, antara lain dengan mempersiapkan sarana fasilitas produksi yang efisien serta ramah lingkungan.

Artikel Asli