PT Perikanan Indonesia dan Hipmikimdo Sepakat Bantu UMKM Perikanan

limapagi.id | Ekonomi | Published at 09/09/2021 12:05
PT Perikanan Indonesia dan Hipmikimdo Sepakat Bantu UMKM Perikanan

JAKARTA - PT Perikanan Indonesia (Persero) akan terjun langsung membantu usaha mikro kecil dan menengah. Hal ini dalam rangka mendukung kegiatan perdagangan khusus untuk hasil laut dan hasil budidaya.

Untuk memuluskan aksi tersebut, BUMN di bidang perikanan ini menggandeng Koperasi Pemasaran Nasional HIPMIKIMDO (Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia). Kedua belah pihak telah menandatangani perjanjian kerja sama yang diwakili oleh Direktur Utama PT Perikanan Indonesia (Persero) Fatah Setiawan Topobroto dan Ketua Koperasi Pemasaran Nasional Hipmikimdo Chairal Arifin.

Vice President Corporate Secretary PT Perikanan Indonesia Boyke Andreas mengatakan perseroan akan melibatkan koperasi Hipmikimdo dalam memutar ekonomi industri perikanan bagi segmen kecil dan menengah. Koperasi ini adalah mitra kami selain nelayan dan petambak. UMKM Perikanan harus dibantu untuk bersama-sama menggerakkan geliat ekonomi negeri, tuturnya, Kamis (9/9/2021).

Boyke menjelaskan skema kerja sama antara PT Perikanan Indonesia dengan Koperasi HIPMIKIMDO ini adalah skema jual beli. PT Perindo akan melakukan pembelian hasil laut dan hasil budidaya dari penawaran Koperasi HIPMIKIMDO, berdasarkan dokumen perdagangan.

Koperasi himpunan usaha mikro kecil dan menengah ini memberikan tawaran pasokan hasil laut dan budidaya. Selanjutnya, PT Perikanan Indonesia memverifikasi dan menginspeksi terkait kualitas dan kuantitas hasil laut dan hasil budidaya perikanan.

Hasil laut dan budidaya tersebut akan kami beli dan kami simpan di cold storage PT Perikanan Indonesia yang terserbar di seluruh Indonesia, jelas Boyke.

Sebelumnya, Ketua Umum Hipmikimdo Laurensius Manurung mengatakan kerja sama antara PT Perikanan Indonesia (Persero) dengan Hipmikimdo merupakan momen bersejarah untuk kedua belah pihak. Oleh karena itu, hal ini harus dimanfaatkan secara optimal oleh seluruh anggota UMKM atau Koperasi HIMPIKIMDO di seluruh Indonesia.

Ini peluang yang harus dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi negeri melalui hasil perikanan, kelautan, budidaya laut dan budidaya darat, ungkapnya di kantor PT Perikanan Indonesia belum lama ini.

Artikel Asli